UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MEUBEL BERDASARKAN PRODUK UNGGULAN

Authors

  • Fifin Fitriani
  • Darmansah darmansah

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v17i1.262

Abstract

Tarom Meubel merupakan salah satu kegiatan usahan di Kecamatan Sintang yang bergerak pada sektor produksi produk Meubel perabot rumah tangga dan pintu, jendela serta kusen. Dalam upaya meningkatkan penjualannya di Kabupaten Sintang khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya, Tarom Meubel lebih memfokuskan diri pada pemasaran produk meubel yang bersifat unggulan yaitu memproduksi produk yang banyak diminati oleh konsumen tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Upaya Peningkata Penjualan Produk MeubelBerdasarkan Berdasarkan Produk Unggulan pada Tarom Meubel Kecamatan Sintang. Pengumpulan data menggunakan pendekatan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tarom Meubel melakukan analisa pasar dalam upaya mencari produk meubel yang tepat sesuai dengan selera konsumen untuk diproduksi sehingga dapat dijadikan produk unggulan Tarom Meubel dalam meningkatkan penjualan. Selain itu dalam meningkatkan penjualannya Tarom Meubel juga melakukan klasifikasai produk dengan tujuan mempermudah konsumen didalam menentukan pilihan produk yang diinginkannya baik dari aspek tipe, jenis material maupun tingkat harga sesuai dengan kemampuan pendapatan konsumen/pelanggan, Segmentasi pasar yakni menjadikan pasar sasarannya khusus pada konsumen tradisional yang menyukai produk meubel buatan lokal dan dari bahan material dari daerah seperti dari bahan kayu serta tipe produk yang relatif hampir sama. Kesimpulan hasil penelitian yakni dengan adanya Analisis pasar, Klasifikasi Produk serta Segmentasi pasar Tarom Meubel Kecamatan Sintang telah berhasil meningkatkan penjualannya setiap tahun hingga tahun 2017.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

24-06-2019

Citation Check