PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR

Authors

  • Yuliana Lilistian

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v17i1.265

Abstract

Masalah yang diteliti adalah :peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD pada Lembaga Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang, dengan sub masalah upaya yang dilakukan dan faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang: peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD pada Lembaga Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang. Metode dalam penelitian inimenggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 (lima) orang, yaitu Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, Pamong Belajar sebanyak 1 (satu) orang, tenaga pendidik PAUD binaan pada Sanggar Kegiatan Belajar sebanyak 2 (dua) orang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, digunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa cara pendidikan dan latihan yang dilakukan oleh Sanggar Kegiatan Belajar adalah mengikuti pelatihan APE di lingkungan sekitar, dan TOT Tenaga Pendidik PAUD. Koordinasi dalam dukungan manajemen yang dilakukan adalahvertikal koordinatifdengan Dinas Pendidikan sebagai mitra kerjasama dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada tenaga pendidik PAUD binaan. Faktor yang mempengaruhi pada aspek sumber daya tenaga pendidik jumlah tenaga pendidik Pada PAUD binaan Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang adalah sebanyak 22 orang. Semua tenaga pendidik PAUD berjenis kelamin perempuan. Untuk 1 (satu) PAUD memiliki 2 orang tenaga pendidik. Perilaku tenaga pendidik dalam peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD hendaknya didasari oleh pengetahuan, kesadaran dan sikap positif yang sesuai dengan program pendidikan yang dilaksanakan oleh Pemerintah. Fasilitas penunjang terdiri dari sarana belajar dan media APE dan kondisi sarana yang ada sudah cukup memadai bila dibandingkan dengan banyaknya kegiatan dalam program tenaga pendidik PAUD yang menggunakan sarana penunjang didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, ET, 2003. Upaya Meningkatkan Kinerja

Pelayanan Publik Di Era Persaingan

Bebas. Jakarta: Forum Inovasi UI.

Gie, The Liang, 2000. Administrasi Perkantoran

Modern. Yogyakarta:

Liberty.

Kusmiadi, A. 2006. Pola Pembinaan Pendidik dan

Tenaga Kependidikan Pendidikan

Nonformal. Jurnal Ilmiah Visi Pendidik

dan Tenaga Kependidikan Pendidikan

Nonformal (PTK-PNF).

Siagian,Sondang.P, 2000. Manajemen Strategik.

Jakarta: .Bumi Aksara.

———————————, 1996. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Peraturan Perundangan

Keputusan Bupati Sintang Nomor 21 tahun 2002

tanggal 28 Januari 2002 tentang

Pembentukan, Susunan Organisasi dan

Tata KerjaSanggar Kegiatan Belajar

Kabupaten Sintang.Sintang: Kepbup

Peraturan Bupati Sintang Nomor 65 Tahun 2007

Tentang Pembentukan Sanggar Kegiatan

Belajar Kabupaten Sintang. Sintang:

Perbup

Published

24-06-2019

Citation Check