ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK

Authors

  • Venny Adhita Octaviani

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung di Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel nasabah yang menabung pada Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh yang berjumlah 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu model regresi yang terbentuk dalam penelitian ini yaitu Y = 0,281+ 0,212 X1+ 0,844 X2+ 0,019 X3 + 0,139 X4. Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh, dengan tingkat signifikansi t hitung < dari 0,05 (0,00 < 0,05). Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh, dengan tingkat signifikansi t hitung < dari 0,05 (0,00 < 0,05). Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh, dengan tingkat signifikansi t hitung > dari 0,05 (0,502 > 0,05). Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh, dengan tingkat signifikansi t hitung < dari 0,05 (0,037 < 0,05). Secara simultan variabel produk (X1),pelayanan (X2), promosi (X3) dan lokasi (X4) berpengaruh terhadap variabel keputusan menabung (Y) dimana tingkat signifikansi Fhitung < 0,005, (0,00 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 95,6% variabel keputusan menabung (Y) akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu produk (X1),pelayanan (X2), promosi (X3) dan lokasi (X), sedangkan sisanya 4,4% variabel keputusan menabung akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran

dan Pemasaran Jasa, Cetakan

Kesembilan. Bandung: Alfabeth.

Hasan, Ali. 2009. Marketing, Yogyakarta :

MedPress (Anggota IKAPI)

Kasmir. 2001.Manajemen Perbankan. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsipprinsip

Pemasaran,Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Gary. 2014. Prinsipprinsip

Manajemen. Edisi 14, Jilid1.

Jakarta: Erlangga.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan

Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mullin, Roddy and Cummins, Julian. 2008. Sales

Promotion. Jakarta: PPM.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 .Reformasi

Pelayanan Publik. Jakarta:BumiAksara.

Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan

Pelanggan atau Konsumen. Jakarta:

Rineka Cipta.

Published

16-06-2020

Citation Check