PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS

Aida Fitriani

Abstract


Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Tanjung Puri dengan indikator sebagai berikut:
1). Jenis-jenis Pelayanan di Puskesmas Tanjung Puri Sintang menggunakan dua jenis pelayanan yaitu
jenis pelayanan kesehatan didalam gedung Puskesmas dan jenis pelayanan kesehatan diluar gedung
Puskesmas. 2). Standar Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dilaksanakan sesuai dengan alur pelayanan
kepada pasien yang terletak di dalam puskesmas lurus dengan pintu masuk, jadi pasien yang datang bisa
langsung membaca dan mengetahui alur pelayanan. 3). Mekanisme Pelayanan di Puskesmas yaitu Pasien
yang telah mendaftar menuju poli KIA/KB kemudian dilakukan pemeriksaan sesuai dengan keluhannya.
Setelah dari poli Kesehatan Ibu dan Anak pasien dirujuk ke bagian lain sesuai dengan keluhannya. Pasien
yang mendapatkan resep obat kemudian ke bagian apotek dan kasir untuk membayar, mengambil obat dan
diperbolehkan pulang. 4). Sumber Daya Manusia berdasarkan jenis tenaga di Puskesmas tahun 2020
berjumlah 69 orang, 5). Sarana dan Prasarana merupakan suatu aspek terpenting dalam mencapai target
dari program pelayanan kesehatan Puskesmas, sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas sudah cukup
memadai, baik berupa alat medis maupun obat-obatan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rinneka Cipta.

Indrianto. 2008. Model Pelayanan Profesional.

Jakarta. Balitbang Puskur.

Kaho, J.R. 2002. Prospek Otonomi Daerah di

Negara Republik Indonesia:

Idetifikasi Beberapa Faktor Yang

M e m p e n g a r u h i

P e n y e l e n g g a r a a n n y a .

Jakarta:Rajawali Perss.

Poerwadarminta.1984.Kamus Umum Bahasa

Indonesia, Jakarta. PN Balai.

Pustaka.

Robbins. 2000. Perilaku Organisasi. PT.

Prenhallindo. Jakarta.

Saefullah, 1999. Konsep dan Metode Pelayanan

Umum yang Baik, dalam. Jurnal Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik. Sumedang:

Fisip UNPAD.

Silalahi, Ulbert .1998. Studi Tentang Ilmu

Administrasi Konsep, Teori dan

Dimensi,. CV Sinar Baru, Bandung.

Sinambela. P.L, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan

Publik Teori, Kebijakan,

Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutopo dan Sugiyanti. 1998. Pelayanan Prima.

Jakarta: LAN.




DOI: https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan oleh :
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Kapuas Sintang

E-ISSN : 2599-3518

ISSN CETAK : 693-0762

INDEXING BY :