PENGARUH PERSEPSI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BNI GRIYA

Achmad Durrifa’i, Venny Adhita Octaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi nasabah terhadap
keputusan pembelian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) BNI Griya pada PT Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk di Kantor Cabang Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunaka kuesioner
yang telah dibuat berdasarkan indikator-indikator penelitian yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh nasabah BNI Griya KPR pada PT.BNI Kantor Cabang Sintang, dengan jumlah sampel
sebanyak 92 orang responden. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi
sedarhana dengan bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengelohan data diperoleh hasil penelitian yakni 1) model regresi linier sedarhana
untuk memprediksi besarnya pengaruh persepsi nasabah terhadap keputusan pembelian dalam penelitian
ini dapat dirumuskan Y = 1,995 + 0,938X, yang artinya bahwa jika terdapat peningkatan persepsi nasabah
maka akan berdampak pada meningkatnya keputusan pembelian 2) Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa
persepsi nasabah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan keputusan pembelian dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,921 atau 92,1%.


Full Text:

PDF

References


Basuki, Agus, Ma’mun Sarma dan Purwanto, Budi.

, Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Keputusan Pengusaha

Kecil Menengah Untuk Menabung (Studi

Kasus : BNI Cabang Cianjur Jawa

Barat), Jurnal MPI Vo, 3 No,2 September

Hardjono.2008. Mudah Memiliki Rumah Idaman

Lewat KPR. Jakarta: PT.Pusaka

Grahatama.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran :

Analisis, Perencanaan, Implementasi,

dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

_____________. 2008. Manajemen Pemasaran

Edisi Milenium Jilid 2. Jakarta: PT.

Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Armstrong, G 2008, Prinsip-

Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008.

Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen, Konsep dan

Implikasi. Bandung: C.V Alfabeta.

Umar, Husein.2004. Metode Penelitian Untuk

Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta

:Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan oleh :
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Kapuas Sintang

E-ISSN : 2599-3518

ISSN CETAK : 693-0762

INDEXING BY :