PEMASARAN PRODUK SIMPANAN TABUNGAN PENDIDIKAN DAN BEASISWA (TAKAN Plus) PADA CREDIT UNION KELING KUMANG

Yuliana F Lilistian

Abstract


Strategi pemasaran Credit Union harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang
apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa
pasar sasaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian
ini terdiri dari 4 (empat) orang yaitu Branch Manager, Pengurus, Staf yang melayani anggota yang
menabung Takan Plus, dan anggota Takan Plus pada Credit Union Keling Kumang TP. Rumah Punyung
Kabupaten Sintang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, maka menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya
menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa konsep produk Tabungan
Pendidikan dan Beasiswa TAKAN PlusCredit UnionKeling Kumang memiliki karakteristik dan 3 kategori
pemilihan tabungan pendidikan dan beasiswa yang diberikan yaitu kategori harian, masa kontrak 5 tahun
dan masa kontrak 10 tahun. Segmentasi sasaran produk pada pemasaran produk simpanan Tabungan
Pendidikan dan beasiswa (TAKAN Plus)Credit Union Keling Kumang dari kalangan pelajar dan mahasiswa
sebagai user yang menerima bantuan pendidikan dan beasiswa. Pemasaran promosi pada produk simpanan
Tabungan Pendidikan dan Beasiswa (TAKAN Plus) dilakukan dengan cara menggunakan metode Personal
Selling dan Mass Selling. Kesimpulan penelitian pemasaran produk simpanan tabungan pendidikan dan
beasiswa (TAKAN Plus) pada Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Rumah Punyung Sungai
Durian Sintang dengan melihat kepada aspek konsep produk, segmentasi sasaran produk, dan promosi
produk. Pemasaran Produk Simpanan TAKAN Plus dapat berjalan seperti yang diharapkan, maka penulis
memberikan saran agar semakin meningkatkan cara pemasaran produk simpananTabungan Pendidikan
dan Beasiswa TAKAN Plus yang sudah berlaku selama ini agar produk ini semakin dikenal dan diminati
oleh anggota khususnya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa sehinggaCore Values, nilai-nilai inti Credit
Union Keling Kumang dapat tercapai.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian, Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Buchari, Alma. 2000.Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima.

Bandung : Alfabeta

Dharmesta dan Irawan. 2005. Manajemen

Pemasaran Modern, Edisi Kedua.

Yogyakarta : Liberty

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen

Pemasaran. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.

Hendrojogi. 2010. Koperasi: Asas-asas, Teori dan

Praktek. Jakarta: Rajawali Grafindo

Persada.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis.

Edisi Kedua. Cetakan Keempat. Jakarta:

Penerbit Prenada Media group.

_______. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1.

Penerjemah, Benyamin Molan. Jakarta:

Prehallindo.

Lupiyoadi, Rambat. 2001.Manajemen Pemasaran

Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Nawawi, H. 2001. Penelitian Bidang Sosial.

Yogyakarta: Gadjah Mada Press

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Jakarta: CV.

Alfabeta.

Sukamdiyo, Ign dan Dasuki, Alex. 1999.

Manajemen Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Stanton, William J. 2008. Prinsip-prinsip

Pemasaran. Penerjemah, Firdaus.

Jakarta: Erlangga

Swastha, Basu dan Handoko. 2008. Azas-azas

Marketing. Yogyakarta: Liberty

Widiyanti, Ninik. 2002. Manajemen Koperasi.

Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan oleh :
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Kapuas Sintang

E-ISSN : 2599-3518

ISSN CETAK : 693-0762

INDEXING BY :