PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KELURAHAN

Shelly Oktafiyana SR, Gradila Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pelayanan Administrasi pada Kantor
Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten Sintang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan kegunaan
dari penelitian ini diharapkan dapat memperkayakhasanah kajian tentang Kinerja Pemerintah Kelurahan,
sertadiharapkan dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mewujudkan
pelayanan Pemerintah Kelurahan yang baik, yang memenuhi aspirasi,tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Hasil penelitian ini mengenai kualitas pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten
Sintang berdasarkan penelitian dengan menggunakan indikator standar prosedur pelayanan sudah sesuai
dengan kebijakan penyelenggaraan administrasi terpadu. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan
indikator kompetensi petugas pelayanan perlu adanya peningkatan kualitas khususnya kompetensi dalam
pengaplikasian IT. Berdasarkan dengan menggunakan indikator sarana dan prasarana pelayanan perlu
adanya kebijakan dengan pengadaan fasilitas sarana prasarana guna menunjang kelancaran pelaksanaan
kegiatan pelayanan. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
publik dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten
Sintang sudah cukup baik, untuk itu tentunya perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan dalam
penyelenggaraan pemerintahan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina

Aksara.

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good

Governance Melalui Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Edy Sutrisno, 2016. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Cetak Ke 6. Jakarta : Pranada

Media Group.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Gava Media.

Keban, T. Yeremias. 2008. Enam Dimensi Strategis

Administrasi Publik, Konsep,Teori dan

Isu. Yogyakarta : Gava Media

Moleong, J. Lexy. 2014. Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan

Umum di Indonesia.Jakarta : Bumi

Aksara.

Nurcholis, Hanif. 2007.Teori dan Praktik

Pemerintahan dan Otonomi Daerah.

Jakarta: PT Grasindo.

Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik.

Jakarta: PT Pertja.

Ratminto, & Winarsih, A.S. 2016. Manajemen

Pelayanan: Pengembangan Model

Konseptual,Penerapan Citizen’s

Charter dan Standar Pelayanan

Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya

Manusia, Reformasi Birokrasi dan

Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Cetakan Ke 5. Bandung : PT Refika

Aditama

Siagian, P. Sondang. 2016. Manajemen Sumber

Daya Manusia, Cetakan Ke-24. Jakarta

: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008.Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung : Alfabeta

Subarsono. 2008. Analisis Kebijakan Publik

Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi

Publik. Bandung: Alfabeta.

Widodo, Joko. 2008. Analisis Kebijakan Publik.

Yogyakarta. Balairiung

Negara Republik Indonesia, 2009.Undang-Undang

Nomor 25 tahun 2009 Tentang

Pelayanan Publik

Negara Republik Indonesia, 2004.Undang-Undang

Nomor 32 Tahun 2004 Tentang

Pemerintah Daerah

Negara Republik Indonesia, 2003. Keputusan

Menteri Pendayagunaan Aparatur

Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang

Pedoman Umum Penyelenggaraan

Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan oleh :
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Kapuas Sintang

E-ISSN : 2599-3518

ISSN CETAK : 693-0762

INDEXING BY :