PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KELURAHAN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.486Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pelayanan Administrasi pada Kantor
Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten Sintang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan kegunaan
dari penelitian ini diharapkan dapat memperkayakhasanah kajian tentang Kinerja Pemerintah Kelurahan,
sertadiharapkan dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mewujudkan
pelayanan Pemerintah Kelurahan yang baik, yang memenuhi aspirasi,tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Hasil penelitian ini mengenai kualitas pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten
Sintang berdasarkan penelitian dengan menggunakan indikator standar prosedur pelayanan sudah sesuai
dengan kebijakan penyelenggaraan administrasi terpadu. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan
indikator kompetensi petugas pelayanan perlu adanya peningkatan kualitas khususnya kompetensi dalam
pengaplikasian IT. Berdasarkan dengan menggunakan indikator sarana dan prasarana pelayanan perlu
adanya kebijakan dengan pengadaan fasilitas sarana prasarana guna menunjang kelancaran pelaksanaan
kegiatan pelayanan. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
publik dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kabupaten
Sintang sudah cukup baik, untuk itu tentunya perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan dalam
penyelenggaraan pemerintahan.
Downloads
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina
Aksara.
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good
Governance Melalui Pelayanan Publik.
Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Edy Sutrisno, 2016. Manajemen Sumber Daya
Manusia. Cetak Ke 6. Jakarta : Pranada
Media Group.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik.
Yogyakarta: Gava Media.
Keban, T. Yeremias. 2008. Enam Dimensi Strategis
Administrasi Publik, Konsep,Teori dan
Isu. Yogyakarta : Gava Media
Moleong, J. Lexy. 2014. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan
Umum di Indonesia.Jakarta : Bumi
Aksara.
Nurcholis, Hanif. 2007.Teori dan Praktik
Pemerintahan dan Otonomi Daerah.
Jakarta: PT Grasindo.
Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik.
Jakarta: PT Pertja.
Ratminto, & Winarsih, A.S. 2016. Manajemen
Pelayanan: Pengembangan Model
Konseptual,Penerapan Citizen’s
Charter dan Standar Pelayanan
Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya
Manusia, Reformasi Birokrasi dan
Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
Cetakan Ke 5. Bandung : PT Refika
Aditama
Siagian, P. Sondang. 2016. Manajemen Sumber
Daya Manusia, Cetakan Ke-24. Jakarta
: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2008.Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung : Alfabeta
Subarsono. 2008. Analisis Kebijakan Publik
Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi
Publik. Bandung: Alfabeta.
Widodo, Joko. 2008. Analisis Kebijakan Publik.
Yogyakarta. Balairiung
Negara Republik Indonesia, 2009.Undang-Undang
Nomor 25 tahun 2009 Tentang
Pelayanan Publik
Negara Republik Indonesia, 2004.Undang-Undang
Nomor 32 Tahun 2004 Tentang
Pemerintah Daerah
Negara Republik Indonesia, 2003. Keputusan
Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang
Pedoman Umum Penyelenggaraan
Pelayanan Publik.