PENGARUH PRODUKSI DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI LADA

Authors

  • Lin Magdalena

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.641

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produksi
secara parsial terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi terdiri dari petani yang menanam lada di
Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Dengan jumlah populasi sebanyak 32 petani. Terdiri dari
variabel bebas (produksi dan harga) dan variabel terikat (pendapatan). Analisis data menggunakan
bantuan program SPPS 26 untuk melakukan Uji Regresi Linier Berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan)
dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian setelah dianalisis diketahui bahwa : 1. Terdapat
hubungan antara produksi dan harga terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir
Kabupaten Sintang yang digambarkan melalui persamaan regresi linier berganda Y = 7.481 + 0.234X1
+ 0.288X2. 2. Terdapat pengaruh produksi secara parsial terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan
Kayan Hilir Kabupaten Sintang, ini terlihat dari nilai t Hitung 2,316> t Tabel 2,045 dan probabilitas Sig
0,028< 0,05 Artinya semakin baik atau meningkat variabel produksi (X1) berupa tersedianya bahan
baku produksi, tenaga kerja yang giat, dan pemasaran hasil produksi, menyebabkan peningkatan
pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

pendekatan Praktik. Jakarta : PT Bineka

Cipta.

Daryanto. 2013. Manajemen Pemasaran.

Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani

Sejahtera

Delgado. 2001. Manajemen Pemasaran dan

Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta

: BPFE

Dharmesta.2006.Ekoomi Sumber Daya

Manusia. Jakarta : Ghalia

Ghozali. 2012. Metodologi Penelitian ilmiah.

Bandung : Bumi Aksara

Griffin 2005. Manajemen Produk dan Jasa.

Yogyakarta : Rajawali Pers

Irawan. 2006. Metode Pendekatan Kuantitatif.

Jakarta : liberty

Iswandono. 2004. Prinsip Pemasaran. Jilid 1

dan 2 Edisi Ke 7. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi. 20001. Strategi Pemasaran.

Yogyakarta : CV Andi offiset

Milller. 2000. Manajemen Pemasaran.

Yogyakarta : IKAPI

Philip Kotler. 2016. Prinsip-Prinsip pemasaran.

Edisi ke1-2. Jakarta : Erlangga

Purba.2006. metode Penelitian. Jakarta : Gratalia

Indonesia.

Simmora.2004. Bauran Pemasaran dan

Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung : Alfabeta Bandung

Sukirno. 2006. Manajemen Pemasaran dan

Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta

: BPFE

Vannesa. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta

: CV Andi offiset

Wibioso. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif.

Jakarta : BPFE-UI

Nurmala.2006. Masalah Keijakan dan

Ekonomika Pemangunan. Jakarta :

Erlangga

Kotler. 2012. Prinsip-Prinsip pemasaran. Edisi

ke1-2. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

03-10-2022

Citation Check