EFEKTIFITAS PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19

Hilda Aqua Kusuma Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas perkuliahan daring pada mahasiswa Prodi Pendidikan
Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas Sintang di saat Pandemi Covid
19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui
google form secara online. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Kapuas Sintang semester 2, 4 dan 6.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa
mengikuti perkuliahan daring di rumah dengan menggunakan HP, dengan koneksi data dalam keadaan
sinyal internet yang cukup baik, meskipun dalam kondisi sinyal yang tidak stabil. Sistem perkuliahan
daring secara umum memberikan gambaran tentang kurang optimalnya pemahaman mahasiswa terhadap
materi perkuliahan yang disampaikan oleh Dosen melalui berbagai aplikasi, sehingga mengakibatkan
proses perkuliahan yang kurang efektif.

References


He, W., Xu, G., dan Kruck, S. E. 2019. Online

IS education for the 21st century. Journal

of Information Systems Education, 25

(2), 1.

Rusdiana, E., dan Nugroho, A. 2020.Respon

Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring

Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar

Hukum Indonesia UNESA.Integralistik,

(1), 1-12.

Sanjaya, R. (Ed.). 2020. 21 Refleksi

Pembelajaran Daring di Masa

Darurat. SCU Knowledge Media.

Shi, H., Han, X., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O.,

Gu, J., dan Zheng, C. 2020. Radiological

findings from 81 patients with COVID-

pneumonia in Wuhan, China: a

descriptive study. The Lancet Infectious

Diseases.

Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M., dan

Zvacek, S. 2012. Teaching and Learning

at a Distance. Foundation of Distance

Education

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M.,

Kerwan, A., Al-Jabir, A., dan Agha, R.

World Health Organization declares

global emergency: A review of the 2019

novel coronavirus (COVID-19).

International Journal of Surgery.

Waryanto, N. H. 2006. On-line Learning Sebagai

Salah Satu Inovasi

Pembelajaran.Pythagoras, 2(1), 10–23.




EDUMEDIA. Terbit dua kali setahun, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analitiskritis di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Alamat Redaksi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas Jl. : Y.C. Oevang Oeray Telp. 081345256965, Email : biofkip.unka@yahoo.co.id Redaksi menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah diketik diatas kertas HVS A4 spasi 1,5 sepanjang kurang lebih 12 halaman. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya. Dicetak oleh Perc. Pelangi Sintang.