PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE(SSCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BELITANG HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nazarudin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create And
Share (SSCS)terhadap hasil belajar kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belitang Hilir pada materi Jaringan
Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang menggunakanPree Eksperimen Design
dengan rancangan penelitianOne Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini seluruh
kelas XI IPA SMA Negeri 1Belitang Hilir.Sampel dalam penelitian ini ditentukan denganPurposive
sampling.Hasil uji t Paired sample t test dan nilai menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed)0,000 <
signifikasi α 0,05,Thutung> Ttabel 8,651 > 1,690sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
SSCS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belitang Hilir pada
materi Jaringan Tumbuhan.
Kata kunci:Model SSCS, hasil belajar, jaringan tumbuhan

References


Adiyatmaningsih, H. Suara. Rini, K. 2014. Model

pembelajaran berbasis masalah

berbantuanmind mapping berpengaruh

terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V

SD gugus III gianyar. Jurnal Mimbar

PGSDUnivesitas PendidikanGanesha.

(1): 1-15

Fatiyah H.N., Susanti R., Santoso L.M., 2017.

Pengaruh Penerapan Model

Pembelajaran Search, Solve, Create

And Share (SSCS) Terhadap

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4

Palembang Pada Pembelajaran

Materi Sistem Ekskresi. Palembang

Djamarah,S.B. 2008.Psikologi Belajar. Jakarta:

Rieneka Cip

Mutaharoh.2011. Pengaruh Model

Pembelajaran Berdasarkan Masalah

(Problem Bassed Learning) Terhadap

Hasil Belajar Fisika Siswa. UIN Syarif

Hidayatullah: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan

keguruan.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang

mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka

Cipta




EDUMEDIA. Terbit dua kali setahun, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analitiskritis di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Alamat Redaksi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas Jl. : Y.C. Oevang Oeray Telp. 081345256965, Email : biofkip.unka@yahoo.co.id Redaksi menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah diketik diatas kertas HVS A4 spasi 1,5 sepanjang kurang lebih 12 halaman. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya. Dicetak oleh Perc. Pelangi Sintang.