PENDAMPINGAN, MONITORING DAN EVALUASI DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN (DPL) TERHADAP MAHASISWA PESERTA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SEKOLAH PENUGASAN SD NEGERI 11 UMIN, KALIMANTAN BARAT
Main Article Content
Chris Octavianus
Pandu Kurniawan
Rahmi Fadhila
Sartika Cahayani
Program Kampus Mengajar merupakan kolaborasi antara kemendikbudristek, mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan dengan sekolah penugasan yang bertujuan untuk penguatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di sekolah penugasan serta memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa untuk berkolaborasi dengan guru dan menyalurkan energi, inovasi dan kreativitas sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Dalam program Kampus Mengajar ini, DPL memiliki peran penting dalam memberikan pendampingan, monitoring dan evaluasi terhadap mahasiswa baik pada masa prapenugasan, penugasan maupun pascapenugasan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa pelaksanaan langsung proses pendampingan, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh DPL pada seluruh rangkaian program Kampus Mengajar angkatan 8 di sekolah penugasan SD Negeri 11 Umin. Dilakukan pula evaluasi terhadap pendampingan, monitoring dan evaluasi DPL menggunakan survei kepada ketiga mahasiswa peserta program. Hasil evaluasi menggambarkan bahwa DPL telah melaksanakan pendampingan, monitoring dan evaluasi baik pada masa prapenugasan, penugasan dan pascapenugasan serta memiliki peran penting dalam memastikan seluruh program berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan umum program Kampus Mengajar.
Agustin, T. T., Wiranata, I. H., & Nursalim. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Hasanudin Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 630–646. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3086
Aries, N. S., Faisal, M., Amri, L., & Nurainun. (2024). Implementasi Kampus Mengajar: Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Peran Aktif Mahasiswa. Journal of Human And Education, 4(4), 507–513.
Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education. Wardsworth Cengage Learning. Belmont USA.
Dewi, L., Komari, A., & Permata, E. (2023). Peran Mahasiswa Dan Dosen Pendamping Lapangan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di SDN Kelutan 2 Ngronggot Nganjuk. Jurnal Abdimas, 6(3), 938–948.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 6, 814–822.
Hikmah, R. (2024). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa SMP pada Kampus Mengajar Angkatan 5. Jurnal Basicedu, 8(3), 1771–1780. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7469
Juniarti Rismauli, Bangun Munthe, Herman, Jufri, G. (2022). Program Kampus Mengajar UntukMeningkatkanLiterasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 201–206. https://doi.org/doi.org/10.26760/rekakarya.v1i3.201-206
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2024). Buku Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 8 Tahun 2024. Program Kampus Mengajar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khotimah, N. R., Sriwijaya, U., Palembang-prabumulih, J. R., Fisika, P., Metro, U. M., Ki, J., Dewantara, H., Kota, N., Pendidikan, J., Kampus, P., & Kampus, M. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Sinar Sang Surya, 5(2), 194–204.
Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176–180. https://doi.org/doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.556
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Muyassaroh, I., Indonesia, U. P., & Mengajar, K. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD. JPPD.
Putra, M. U. M., & Damanik, S. (2023). Pendampingan Mahasiswa Kampus Mengajar Berbasis Digital, Literasi dan Numerasi. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 104–109. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2700
Shah, A. H., & Amelia, Z. (2022). Peran Dosen Pembimbing Lapangan d alam Meningkatkan Efektifitas Program Kampus Mengajar. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(2), 73–82. https://doi.org/dx.doi.org/10.36722/sh.v7i2.1133
Tambunsaribu, G. (2023). Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Pembimbing Lapangan dalam Program Kampus Mengajar Angkatan IV. Jurnal Abdi Insani, 10.
Yanti, N., Nasyuha, A. H., Setiawan, F., Lusiyanti, L., & Al Hafiz, A. (2023). Upaya Peningkatan Pembelajaran Siswa SDN 173324 Lumbanjulu Lintong Nihuta Lewat Program Kampus Mengajar. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 725–731. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2596