MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT DESA: TANTANGAN DAN PELUANG
Main Article Content
Yohana Ina Weran
Burhanudin Rais
Agustinus Marjun
Atrianus Toni
Lailatus Sa’adah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris masyarakat di Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk, Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi masyarakat meliputi keterbatasan akses terhadap sumber belajar, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya tenaga pengajar yang kompeten di bidang bahasa Inggris. Namun demikian, terdapat pula sejumlah peluang, antara lain dukungan dari pemerintah desa, antusiasme generasi muda, dan potensi pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan perlunya program pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, serta komunitas lokal untuk mendorong peningkatan kemampuan bahasa Inggris di wilayah pedesaan.
Kata kunci: kemampuan bahasa Inggris, masyarakat desa, tantangan, peluang, Sekubang
Abstract
This study aims to identify the challenges and opportunities in improving English language proficiency among the residents of Sekubang Village, Sepauk District, West Kalimantan. The research employs a descriptive qualitative method, collecting data through observation and documentation. The findings reveal that the main challenges include limited access to learning resources, low motivation to learn, and a lack of qualified English teachers. Nevertheless, several opportunities exist, such as support from the village government, the enthusiasm of the younger generation, and the potential use of digital technology as a learning medium. The study recommends implementing continuous training programs and fostering collaboration among educational institutions, local governments, and the community to promote the development of English language skills in rural areas.
Keywords: English language proficiency, rural community, challenges, opportunities, Sekubang
Ariyani, E., Mansurudin, & Jannah, M. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Bisnis bagi Pelaku Wirausaha Mikro di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram - NTB. 4(7), 1045–1054.
Febrian, R. A., Zahari, E. K., Elvriza, M. S., Albariq, M. R. M., & Angraini, R. (2025). Meningkatkan Antusiasme Belajar Anak-Anak di Desa Pasar Pedati dengan Menggunakan Bahasa Inggris dalam Permainan Tradisional. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 800–814.
Istighfaroh, F., Kumalasari, A., Sari, T. P., & Septiana, V. N. (2025). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris di SMP. 9(2), 2127–2136.
Male, H., Tugelida, N. B. C., Joseph, J. E., Anache, R., Samuel, A., Sabrina, D., & Bao, J. M. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Canva Dan Quizizz : Pengabdian Kepada Masyarakat Di Smpk Taruna Harapan Bangsa-Jakarta. 5(Juni), 86–98.
Pattipeilohy, V., Gomies, S. J., Sandanafu, S. P., & Tousalwa, C. (2025). Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris Pariwisata (English For Tourism) Bagi Pemuda,Pelaku UMKM dan Aparatur Desa Wisata Rutong, Kota Ambon. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 212–216.
Pratama, M. C., Johansyah, Andriyana, W. D., Aisyah, S. N., Ramdhani, A., Danari, D. A., Putri, F. A., Ihsan, & Iban, R. (2021). Posko Mengajar terkait Keterampilan Bahasa Inggris dan Kreativitas Kerajinan Anak-Anak Desa Kota Bangun I Kecamatan Kota Bangun Darat. 17–22.
Rahmah, M., Ning, A. P., & Faidal, F. (2024). Efektivitas Program Bimbingan Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Desa Banraas. Journal of Linguistics and Social Studies, 1(1), 12–19.
Setiawan, Y. A., Siagian, G. Y., Sapulete, P. R. C., Hengga, M. A. F. R., Ferdinand, R., Samangilalai, H. E., Mennai, M. N. T., & Arfayan, S. R. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak-Anak di Desa Tebachi Kecamatan Kalideres Kota Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(9), 3705–3711.
Sianipar, B., & Sijabat, P. I. (2024). Digital English: Program Pengabdian Masyarakat untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD melalui YouTube. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nauli, 2(2), 57–64.
Ubaidillah, M., & Safari, K. (2024). Pembinaan Masyarakat Desa Jeruk Manis Dalam Berbahasa Inggris Melalui English for Tourism Sebagai Evolusi Perwujudan Desa Wisata Maju. Communnity Development Journal, 5(1), 70–76.