Submissions

This journal is not accepting submissions at this time.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • already according to the template

Author Guidelines

FORMAT

  1. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Tinjauan Pustaka/Kajian Teori dan Pengembangan Hipotesis (untuk penelitian kuantitatif), Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Pustaka. Terima Kasih/Penghargaan (apabila ada) diletakkan setelah Simpulan dan sebelum Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan jenis huruf Font Book Antiqua, ukuran 12 point dengan jarak baris satu pada kertas A4.
  3. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan sekurang-kurangnya 2,5 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 10-15 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk gambar, tabel dan referensi harus diberi nomor urut.
  6. Penulis disarankan untuk menggunakan manajemen referensi aplikasi Mendeley dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka.
  7. Naskah harus mengikuti template penulisan Jurnal FOKUS.

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

  1. Judul, ditulis dalam bahasa Indonesia . Judul terdiri dari maksimal 15 kata;
  2. Abstrak, terdiri dari 150-200 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, hasil, dan simpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  3. Pendahuluan, berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, kontribusi penelitian, Kajian Pustaka/Telaah Literatur dan Pengembangan Hipotesis. tinjauan pustaka memuat literatur-literatur sebelumnya yang terkait dengan penelitian dan pengembangan hipotesis.
  4. Metode Penelitian, memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan teknik analisis.
  5. Hasil Penelitian dan Pembahasan, memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  6. Simpulan, menyajikan kesimpulan penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya.
  7. Daftar Pustaka, memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.

TABEL DAN GAMBAR (GRAFIK)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin, jelas dan mudah dibaca.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan.
  4. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  5. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

KUTIPAN

Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
  2. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, … setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
  3. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ...”
  4. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994).

Referensi

Semua referensi yang disebutkan harus ditulis dalam referensi menggunakan gaya American Psychological Association (APA) Style dan disusun dari A hingga Z. Ini harus mencakup referensi yang diperoleh dari sumber primer.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka:

Buku

Anderson, B. (1983). Imagined communities. London: Verso.

Book chapter

Smith, F. M., & Jones, W. (2004). The college student. In C. Wood & M. Meyer (Eds.), Cross-cultural education (pp. 75-105). London, Canada: MacMillan.

Artikel Jurnal

Lee, K. (2004). Reading and learning strategies: recommendations for the 21st century. Journal of Developmental Education, 28(2), 2-15.

Artikel Jurnal dengan DOI

Kusumaningrum, D. (2016). Interdependence versus truth and justice: lessons from reconciliation processes in Maluku. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(1), 15. doi: 10.22146/jsp.17998

Smith, G. (2012). Barthes on Jamie: Myth and the TV revolutionary. Journal of Media Practice, 13, 3-17. doi: 10.1386/jmpr.13.1.3_1

Artikel Jurnal dalam Website

Austin, D. (2009). Fatty acids, breastfeeding and autism spectrum disorder. E-journal of Applied Psychology, 5(1), 49-52. Retrieved from http://ojs/lib.swin.edu.au/

Artikel Koran

Fung, M. (2006, December 12). Asthma rates are increasing. Winnipeg Free Press, pp. C4.

Artikel Berita dalam Website

Harris, M. (2011, August 16). Grades improve if classes start later, studies find. The Calgary Herald. Retrieved from http://www.calgaryherald.com/

Website

Buzan T. (2007). Mind maps. September 3, 2009, retrieved from http://www.buzanworld.com/Mind_Maps.html.

Dokumen dalam Website

TransCanada. (2006). Annual report. Retrieved from http://www.transcanada.com/investor/annual_reports/2006/media/pdf/TransCanada_2006_ Annual_Report.pdf

Buku Terjemahan

Mancusa, S., & Viola, A. (2015). Brilliant green: the surprising history and science of plant intelligence (J. Benham, Trans.). Washington, DC: Island Press.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.