PEMASARAN LUMP KARET RAKYAT DI UNIT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN BOKAR (UPPB) TUNTUNG PANDANG DESA MALUKA BAULIN KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT

Authors

  • Muhammad Tamjid Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin , Indonesia
  • Ilhamiyah Ilhamiyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
  • Suslinawati Suslinawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51826/piper.v19i2.951

Keywords:

Efisiesi, Farmer’s share, Pemasaran lump karet, Saluran pemasaran

Abstract

Kegiatan pemasaran  berperan penting dalam penyaluran lump karet mulai dari petani sampai pada konsumen akhir (pabrik). Harga beli  lump karet di UPPB Tuntung Pandang pada bulan Agustus 2022 masih turun naik dikarenakan harga karet yang belum stabil.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, kentungan lembaga, farmer’s share dan efisiensi pemasaran lump karet (Hevea brasiliensis) Rakyat di UPPB Tuntung Pandang Desa Maluka Baulin Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Juli sampai Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penentuan sampel untuk petani karet dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sedangkan saluran pemasaran dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan ada satu saluran pemasaran yang dilalui oleh lump karet yaitu Petani – UPPB - Pedagang Besar – Konsumen Akhir (pabrik). Harga lump karet ditingkat petani rata-rata Rp.10.425/kg dan harga jual di tingkat pedagang besar rata-rata sebesar Rp.19.025/kg, biaya pemasaran rata-rata sebesar Rp.1.260/kg, margin pemasaran rata-rata sebesar Rp.8.600/kg, keuntungan lembaga rata-rata sebesar Rp.7.340/kg, farmer’s share rata-rata sebesar 54,79% dan efisiensi saluran pemasaran sebesar 6,6%.

References

Daryanto. 2011. Manajemen pemasaran. Cetekan 1. Bandung : Satu Nusa Yogyakarta

Diskebnak. 2022. Data Statistik Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan. Retrived from Dinas Perkebunan dan Peternakan: https://data.kalselprov.go.id/dataset/data/1292. [28 Mei 2022].

Fahrurrozi, N. Kusrini, & Komariyat. (2015). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) Lump Mangkok Dari Desa Kompas Raya Kecamatan Pinoh Utarakabupaten Melawi Jurnal Agrise. XV(2). https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/168/183.

Irawan, A. , D. S., Chaerani , & Amnili, (2021). Fisiensi Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Havea Brasiliensis) Di Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Research Ilmu Pertanian. 1(1).

https://ejurnalunespadang.ac.id/iphp/JRIP/article/view/185.

Kementan. 2020. Strategi Kementan Tingkatkan Harga Karet. Retrived from: https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=3667

Sujarwo & S.U. Lestari. (2007). Efisiensi Pemasaran Karet Rakyat di kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Jurnal Buana Sains 7(1). https://jurnal.unitri.ac.id.

Pujiati,S; N. Kusrini, D. Kurniati. (2013).. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Marjin Pemasaran Karet Rakyat Di Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Sains Pertanian Equator 2(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/4099.

Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Pertanian Teori Dan Aplikasinya. Penebit Pt. Raja Grafindo. Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press Malang.

Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. Universias Muhammadiyah Malang.Umm Press. Malang.

Downloads

Published

2023-11-09

Issue

Section

Artikel

Citation Check