UPAYA MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN BUAH SAWIT PADA PT. MAKMUR AGRO LESTARI KECAMATAN KETUNGAU HILIR

UPAYA MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN BUAH SAWIT PADA PT. MAKMUR AGRO LESTARI KECAMATAN KETUNGAU HILIR

Authors

  • Darmansah Darmansah

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1049

Keywords:

Upaya, Meningkatkan, Omzet Penjualan

Abstract

Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Buah Sawit Pada PT. Makmur Agro  Lestari  Kecamatan  Ketungau Hilir yaitu  dilakukan melalui berbagai aspek yakni dengan adanya target Bisnis dan kualitas produk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan, Wawancara, studi dokumentasi dan observasi.  Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni Pemasaran hasil dari produksi buah sawit secara tetap didalam pemenuhan target penjualan Tandan Buah Sawit ( TBS) PT. Makmur Agro Lestari Kecamatan Ketungau Hilir melakukan kerjasama dengan  pelanggan tempat penjualan hasil produksi buah sawit pada PT. ASL - POM yang merupakan salah satu pembeli buah sawit yang terbesar di Kalimantan Barat. Dari aspek kualitas Tandan Buah Sawit (TBS)  dilakukan seacara selektif pemanenan serta penjualannya agar kualitas harga jualnya tetap stabil.  Saran dari hasil penelitian : Sebaiknya PT. Makmur Agro Lestari Kecamatan Ketungau Hilir memiliki lebih dari satu perusahaan tempat penjualan produk buah sawit perusahaannya untuk antisipasi tempat penjualan alternatif jika perusahaan penampung/pembeli utama mengalami hambatan didalam pembeliannya sehingga target penjualan untuk meningkatkan omzet penjualan berjalan dengan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri. 2015. Manajemen Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Rajawali, Jakarta.

Alma, 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

------, 2016. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Cravens , 2013. Strategic Marketing 10th. Edition. New York: McGraw-Hill International Edition.

Clancy, Dan. Shulman. 2013. The Marketing Revolution: A. Radical Manifesto For Dominating The Marketplace. New York: Harper Bussines.

Denzin dan Lincoln, 2012. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Kotler, dan Amstrong, 2016. Principles of Marketing, 12th Edition Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Nawawi. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Riyono, 2016. Pengaruh Kualitas, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, NO. 2, Edisi Juni 2016 , 101.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

-------------. ( 2012 ), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Solomon, 2002. Marketing : Real People, Real Choices. New Jersey : Prentice Hall.

Tjiptono.2019. trategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Published

04-03-2024

Citation Check