PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SINTANG INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE DI KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Emiliani Nindy Diana Sim Universitas Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1060

Keywords:

Pemanfaatan sosial media; Instagram; media promosi.

Abstract

Promosi online dengan menggunakan Instagram dianggap sebagai promosi yang
sangat mudah untuk dilakukan, menghemat biaya dan waktu serta memiliki jangkauan yang
luas. Promosi online melalui Instagram sangat diperlukan oleh para pelaku usaha guna
meningkatkan penjualan produk/jasa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan
media sosial Instagram sebagai media promosi online. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif di mana data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi
online di Kabupaten Sintang dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha maupun
masyarakat. Karena luasnya jangkauan sebaran informasi, biaya promosi yang terjangkau serta
adanya pengaruh signifikan akun yang menawarkan jasa promosi online. Meskipun beberapa
hal yang harus diperhatikan, misalnya peningkatkan kualitas terhadap barang/jasa pelaku
usaha, penetapan biaya pemasangan iklan yang terjangkau seluruh pelaku usaha dan sosialiasi
dan pelatihan terhadap pegawai pemerintahan dan pelaku usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram : Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Coleman, L. J., Chandler, K., & Gu, J. (2013). Social Media a Moving Target. Journal of Marketing Development and Competitiveness, Vol. 7, No. 1, 73–77.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Vol. 5, No. 2, 77–84.

Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Idah, Y. M., & Pribadi, P. (2018). Strategi Pengembangan Business Plan Ampu Studio Dalam Meningkatkan Produk Ekonomi Kreatif STMIK AMIKOM Purwokerto. Seminar Nasional Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, September, 1-13.

Kusuma, B. A., Riyanto, Indartono, K., Pribadi, P., & Ramadhani, A. K. (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa Sanggar Kegiatan Belajar Melalui Pelatihan Desain Merchandise Sebagai Modal Technopreneur. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Vol. 2, No. 2, 223-233.

Landsverk, K. H. (2014). The Instagram Handbook : 2014 Edition. London: PrimeHead Limited.

Mi'raj, M. Z., & Sya, D. K. (2021). Analisis Pemanfaatan Instagram @kerisdigdayatelkom Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Telkom Regional IV. E-Proceeding of Management, Vol. 5, No. 5, 7473–7487.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Powers, T. L. (2015). Forgotten classics: Marketing Methods by Ralph Starr Butler (1918). Journal of Historical Research in Marketing, Vol. 7, No. 4, 584-592.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, Vol. 3 No. 1, 71-80.

Rahmawati, D. (2016). Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Yogyakarta.

Saputra, D. I., Guntoro, D., & Annisa. (2021). Sukses Membangun Food Startup Bagi Mahasiswa. Wawasan Ilmu.

Singh, T. P., & Sinha, R. (2017). The Impact of Social Media on Business Growth and Perfomance in India. International Journal of Research in Management and Business Studies, 36-40.

Sudirwo, Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 5, No. 1, 50-57.

Sudiyatmoko. (2015). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI.

Published

04-03-2024

Citation Check