ANALISIS PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK PANIN Tbk. CABANG SINTANG

Authors

  • Evy Ratnasari

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1076

Keywords:

Nasabah; Pemberian kredit; Perbankan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Analisis Pemberian Kredit pada PT. Bank
Panin Tbk. Cabang Sintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah: Pimpinan Cabang, Karyawan dan Nasabah PT. Panin Bank Cabang Sintang.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dan studi dokumentasi
dengan analisis kualitatif. Pemberian kredit yang ada pada PT. Panin Bank Cabang Sintang
sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemberian kredit yang berlaku umum dan mengikuti
ketentuan dan persyaratan dari Bank Indonesia sebagai pihak yang mengawasi operasional
perbankan. Prinsip pemberian kredit 5C dan 7P sudah dijadikan pedoman dalam analisis
pemberian kredit. Prosedur pemberian kredit pada PT. Panin Bank Cabang Sintang sudah ada
SOP nya, dan calon nasabah sudah memahami tentang prosedur pemberian kredit, mulai dari
pengajuan proposal sampai pencairan kredit dan pembayaran kembali kredit atau pinjaman.
Selain prinsip pemberian kredit 5C dan 7P, pihak bank juga melakukan analisis berbagai aspek,
seperti aspek hukum, ekonomi, sosial, pemasaran, amdal dan lainnya, dengan tujuan agar
kualitas kredit yang diberikan baik. Semakin berkualitas kredit yang diberikan atau memang
layak untuk disalurkan, akan memperkecil risiko terhadap kemungkinan kredit tersebut bermasalah.Peneliti menyarankan beberapa hal sebagai berikut Terus menjaga prinsip-prinsip
pemberian kredit yang sudah berjalan baik, pihak perbankan juga perlu membantu calon
nasabah dalam mengembangkan ekonomi calon nasabah dan bukan semata-mata mencari
keuntungan saja. Pihak perbankan diharapkan terus membantu calon nasabah untuk dapat
mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan untuk memperoleh kredit.
Pihak perbankan juga harus melakukan pembinaan dan pemantauan usaha nasabah, agar kualita
kredit yang disalurkan tetap terjaga baik dan dapat menekan terjadinya kredit bermasalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdaus, R. dan Ariyanti, M. 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum: Teori, Masalah, Kebijakan

Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Kasmir. 2002. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rinaldy. E. 2009. Membaca Neraca Bank. Jakarta : Indonesia Legal Center.

Published

04-03-2024

Citation Check