PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, HARGA DAN LOKASI TERHADAP REVISIT INTENTION PADA HOTEL GRAND MANDARIN SINGKAWANG

PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, HARGA DAN LOKASI TERHADAP REVISIT INTENTION PADA HOTEL GRAND MANDARIN SINGKAWANG

Authors

  • Erik Sudarso STIE Mulia Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1086

Keywords:

Customer Experience; Price; Location; Revisit Intention.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah customer
experience, harga dan lokasi memiliki pengaruh terhada previsit intention tamu pada hotel.
Populasi pada penelitian ini merupakan tamu Hotel Grand Mandarin Singkawang. Dan sampel
yang telah ditentukan menggunakan rumus slovin berjumlah 90. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan bantuan program SPSS Versi 26 dalam menganalisis data. Melalui
penelitian ini diketahui bahwa variable customer experience secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention dibuktikan melalui uji t dengan nilai sig.0,208>0,05, variable
harga dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kosumen dengan
nilai sig.0,016< 0,05 untuk variable harga dan nilai sig.0,031 <0,05 untuk variable lokasi, variable
customer experience, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhada previsit
intention di buktikan dengan hasil uji F yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.
Diketahui pula bahwa koefisien determinasi (adjustedR2) yang diperoleh ketiga variable
independen sebesar 0,335 atau 33,5 persen, sementara sisanya sekitar 66 persen dipengaruhi
oleh variable lain yang tidak diteliti pada penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erik Sudarso, STIE Mulia Singkawang

References

Chen, S. C., & Lin, C. P. (2015). The impact of customer experience and perceived value on sustainable social relationship in blogs: An empirical study. Technological forecasting and social change, 96, 40-50.

Chung-Hslen, L. (2012). Effect of Cuisine Experience, Psychologikal Well- Being, And Self-Health Perception on The Revisit Intention of Hot Springs Tourist. Journal of Hospitality & Tourism Research, 22, 12.

Indriani, M., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Calysta Skin Care Clinic Kota Sukabumi. E-Journal Directory Universitas Islam Syekh-Yusuf, 87–97.

Jeon, H. (2013). The effect of experiential marketing on customer satisfaction and revisit intention of beauty salon franchise stores. Journal of Fashion Business, 17(3), 109-121.

Kotler, P., & Kevin L.K. (2016).Marketing Management, 15th Edition. USA: Pearson Education Inc.

Meyer, C.,& Schwager, A. (2007).Understanding customer experience. Harvard business review, 85(2), 116.

Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, Relate to Your Company and Brand. NewYork: FreePass.

Wardhana, R. E. (2016). Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1-9.

Zeithaml, V. A. (2008). Service Marketing: integrating, customer focus acrossthe firm. New Delhi: Tata McGraw-Hill.

Published

04-03-2024

Citation Check