KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v16i1.136Abstract
Kualitas pelayanan adalah keseluruhan ciri-ciri dan karakteristik-karakteristik dari suatu produk
atau jasa dalam kemampuanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah di tentukan atau bersifat
laten, dengan kecocokan untuk pemakaian. kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkat dimana kebutuhan,
keinginan dan harapan pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang
atau kesetiaan yang berlanjut. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatoris, penelitian eksplanatoris
adalah penelitian bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak
teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini adalah
pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Pandan Sintang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diketahui, Hasil Analisis Regresi
Sederhana bahwa (a) = 3,674 dan beta = 0,736, maka diperoleh persamaan perhitunganya v = 3,674 +
0,736 X. Besarnya hubungan antara kualitas pelayanan jasa dengan kepuasan pelanggan pada PT. Pos
Indonesia Cabang Pandan Sintang yang dihitung menggunakan Korelasi Spearman Rank yaitu sebesar
0,727 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan uji hipotesis bahwa t hitung (10,762) > ttabel (1,9873)
maka dapat dikatakan bahwa benar adanya pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan jasa terhadap
kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia Cabang Pandan Sintang. Dari uji koefisien determinasi (R2)
bahwa pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia Cabang
Pandan Sintang sebesar 54,20% sedangkan sisanya sebesar 45,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak penulis teliti.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
23-08-2018
Issue
Section
Artikel