PEMASARAN PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v16i1.143Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pemasaran Produk PT. Unilever Cabang Sintang,
selanjutnya rumusan permasalahan tersebut adalah bagaimanakah Pemasaran Produk PT. Unilever Cabang
Sintang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui Pemasaran produk yang
selanjutnya berguna baik secara teoritis maupun secara praktis untuk kemajuan perusahaan. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu Operasional Manager, Distributor
Sales Supervisor, Staf Sales Distributor , dan Pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif yang kemudian dilakukan pembahasan dan dibuat suatu kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa omset penjualan produk menunjukkan trend penurunan penjualan selama tahun
2015, hal ini berdasarkan data penjualan pada bulan September, omset penjualan sebesar Rp. 3.965.000.000,
Nopember sebesar Rp. 3.209.000.000, Desember Rp. 2.958.000.000. Penurunan omset lebih banyak
disebabkan oleh faktor eksternal yaitu menurunnya daya beli masyarakat akibat dari menurunnya
pendapatan masyarakat secara umum. Berdasarkan hasil penelitian mengenai ruang lingkup penelitian
yaitu produk, harga, tempat, dan promosi sebagai marketing mix sudah berjalan dengan baik. Strategi
untuk produk yaitu dengan diferensiasi produk, dari aspek harga perusahaan menerapkan kepemimpinan
harga rendah, aspek tempat, perusahaan memilih kantor berada di kota kabupaten sebagai tempat yang
stragis, kemudian berdasarkan aspek promosi, PT. Unilever melaksanakan promosi dengan menerapkan
bauran promosi (promotion mix) yang terintegrasi dilakukan mulai dari PT. Unilever pusat sampai ke
perusahaan cabang di daerah sebagai perusahaan distributor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa
PT. Unilever dalam pemasaran produk menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari aspek produk,
harga, tempat, dan promosi. Keempat aspek bauran pemasaran sudah berjalan dengan baik, namun
belum maksimal. Aspek produk berupa diferensiasi produk dengan cost leadership, didukung lokasi dan
kantor yang representatif serta menerapkan bauran promosi.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
27-08-2018
Issue
Section
Artikel