PEMASARAN PRODUK

Authors

  • Paulus MM

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v16i1.143

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pemasaran Produk PT. Unilever Cabang Sintang, selanjutnya rumusan permasalahan tersebut adalah bagaimanakah Pemasaran Produk PT. Unilever Cabang Sintang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui Pemasaran produk yang selanjutnya berguna baik secara teoritis maupun secara praktis untuk kemajuan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu Operasional Manager, Distributor Sales Supervisor, Staf Sales Distributor , dan Pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang kemudian dilakukan pembahasan dan dibuat suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa omset penjualan produk menunjukkan trend penurunan penjualan selama tahun 2015, hal ini berdasarkan data penjualan pada bulan September, omset penjualan sebesar Rp. 3.965.000.000, Nopember sebesar Rp. 3.209.000.000, Desember Rp. 2.958.000.000. Penurunan omset lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal yaitu menurunnya daya beli masyarakat akibat dari menurunnya pendapatan masyarakat secara umum. Berdasarkan hasil penelitian mengenai ruang lingkup penelitian yaitu produk, harga, tempat, dan promosi sebagai marketing mix sudah berjalan dengan baik. Strategi untuk produk yaitu dengan diferensiasi produk, dari aspek harga perusahaan menerapkan kepemimpinan harga rendah, aspek tempat, perusahaan memilih kantor berada di kota kabupaten sebagai tempat yang stragis, kemudian berdasarkan aspek promosi, PT. Unilever melaksanakan promosi dengan menerapkan bauran promosi (promotion mix) yang terintegrasi dilakukan mulai dari PT. Unilever pusat sampai ke perusahaan cabang di daerah sebagai perusahaan distributor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa PT. Unilever dalam pemasaran produk menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari aspek produk, harga, tempat, dan promosi. Keempat aspek bauran pemasaran sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. Aspek produk berupa diferensiasi produk dengan cost leadership, didukung lokasi dan kantor yang representatif serta menerapkan bauran promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

27-08-2018

Citation Check