OPTIMIZATION OF DIGITAL APPLICATIONS IN HEALTH LICENSING SERVICES AT THE ONE-STOP INVESTMENT AND INTEGRATED SERVICE OFFICE OF SINTANG DISTRICT
OPTIMIZATION OF DIGITAL APPLICATIONS IN HEALTH LICENSING SERVICES
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v23i2.1634Keywords:
Optimization, Digital Applications, Services, HealthAbstract
Licensing of health worker practices is regulated in several laws and regulations. One of them is Law Number 36 of 2014 concerning Health Workers. The Sintang Regency Investment and One-Stop Integrated Service Office (DPMPTSP) has a role as an institution that organizes integrated licensing services in Sintang Regency and is required to provide licensing services that are fast, accurate, with costs according to the provisions, transparently to the community. In order to simplify and accelerate licensing services, the Sintang District DPMPTSP implements the Digital Public Service Mall application. The application makes a positive contribution in improving the efficiency and effectiveness of the licensing process. In terms of efficiency, digitization speeds up service time, reduces administrative workload, and saves operational costs. In terms of effectiveness, the application accelerates the process of document submission and verification. However, in the aspect of satisfaction, although the majority of users find it helpful, there are still technical obstacles and limited understanding of the use of the application, especially for users with low digital literacy, therefore the DPMPTSP of Sintang Regency is expected to carry out regular socialization activities and assistance to users of the Digital Public Service Mall application service.
Downloads
References
Ari, D. P. S., & Putri, F. N. (2022). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan niat penggunaan berkelanjutan aplikasi e filling. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 183-190.
Cahyani, N., Akbar, M. S., & Susilaningrum, D. (2012). Kajian tentang tingkat efisiensi pelayanan kesehatan rumah sakit umum pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur menggunakan metode PCA-DEA. Jurnal Sains dan Seni ITS, 1(1), D25- D30.
Dewi, L. K. (2020). Fungsi Administrasi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Jurnal Sosial dan Humanis Sains (JSHS), 5(1), 34- 46.
Diotiharta, Y., Muktiyanto, A., & Mujtahid, I. M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Internet PT. Telkomsel di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 401-414.
Fadilla, N. M. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Efisiensi: mini literature review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(1), 357-374.
Fajar, P. T. W. 2019. Optimalisasi Pengamatan Cuaca Dan Penentuan Prakiraan Cuaca Dalam Dunia Pelayaran Di Wilayah Kerja Bmkg Tanjung Emas Semarang. Karya Tulis.
Hendrayady, A., Sari, A. R., Mustanir, A., Amane, A. P., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. H. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Pertama. Edited by DP Sari. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79-91.
Junie, D. (2017). Pengaruh Sistem Digital Dan Keamanan Arsip Terhadap Efisiensi Waktu Kerja Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 81- 90.
Maulana, R., & Jamhir, J. (2019). Konsep Hukum Perizinan Dan Pembangunan. Jurnal Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-undangan dan Pranata Sosial, 3(1), 90-115.
Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan publik: Suatu tinjauan kinerja lembaga pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(01).
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.
Niffari, H. (2019). Penyelenggaraan Sistem Elektronik Pelaku Usaha Digital Dari Perspektif Hukum Perizinan Dan Aspek Pertanggungjawabannya. Diktum: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 22-36.
Puspitasari, S., & Widayanto, W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 158-176.
Savinatunazah, V. (2019). Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).
Sawir, M. 2020. Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi.
Sellang, K., Sos, S., Ap, M., Jamaluddin, D. H., Sos, S., & Ahmad Mustanir, S. I. P. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. Pesuruan, Qiara Media.
https://sintangkab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE5IzI=/tpt-menurut- kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html pada tanggal 26 mei 2025.
Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1-9.
Zainudin, A. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Keprotokolan Oleh Sub Bagian Keprotokolan Dan Dokumentasi. Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 14(2).
Zainudin, A. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Kantor Notaris Dan Ppat Hobbby Simanungkalit Sintang: Motivasi Kerja, Pendidikan Dan Pelatihan, Disiplin Kerja. Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 22(1).
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Administrasi Pemerintahan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan
Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Izin Praktik Tenaga Kesehatan
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2021 Tentang
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.