PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v16i2.214Abstract
Penelitian ini berujuan untuk ini mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap Keputusan
Komsumen Untuk Menginap Di Kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak. Secara
garis besar dalam penelitian ini akan digunakan rancangan (design) penelitian exsplanatory
(penjelasan), yang menyoroti hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen
dan pengujian hipotesis. Variabel independen terdiri dari; (1). Produk (product); (2). Harga (price);
(3). Promosi (Promotion); (4). Tempat (Place); (5).Orang (People); (6). Proses (Process); (7). Bukti
Fisik (Physical Evidence). Sementara dependen adalah Keputusan Pembelian. Populasi dalam
penelitian ini ialah konsumen yang menggunakan kamar superior yang ditawarkan oleh Hotel Orchardz
Gajah Mada Pontianak. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan Rumus Z score dengan
jumlah sampel minimum yang harus digunakan dalam penelitian adalah 96,04 orang responden
digenapkan menjadi 100 Orang responden. Analisis data dengan melakukan pengujian instrumen
penelitian, uji Regresi Linier Berganda, Uji korelasi secara Parsial (Uji t), Uji Pengaruh simultan ( F
test) dan pengukuran Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian di ketahui (1). Variabel Produk (product)
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ; (2). Variabel Harga (price) berpengaruh negatif
terhadap keputusan pembelian; (3). Promosi (Promotion) Variabel berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian; (4). Variabel Tempat (Place) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian;
(5). Variabel Orang (People berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian); (6). Variabel Proses
(Process) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (7). Secara simultan Variabel Bukti Fisik
(Physical Evidence berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (8). Variabel Produk (X1),
Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), Bukti fisik (X7) terhadap Keputusan
Konsumen Untuk Menginap Di Kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak (Y). (9).
Besarnya kontribusi variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5),
Proses (X6), Bukti fisik (X7) terhadap keputusan konsumen untuk menginap di kamar Superior Di
Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak (Y) adalah 99,7% dan 0,3% ditentukan oleh faktor variabel
lain di luar persamaan model regresi. Peneliti menyarankan (1). variabel yang terbukti sebagai faktor
yang dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menginap di kamar Superior Di Hotel
Orchardz Gajah Mada Pontianak terus ditingkatkan. (2). Variabel Harga (X2) terus dikaji ulang dan
dilakukan evaluasi untuk membuat kebijakan bisnis agar memberikan kesan terbaik bagi konsumen/
tamu khususnya yang menginap di kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak.
(3).Sebaiknya pihak Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak melakukan analisis SWOT terhadap
semua variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan
dan peluang dari masing-masing variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat/lokasi
(X4), Orang/karyawan (X5), Proses/pelayanan (X6), Bukti fisik (X7).
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
11-02-2019
Issue
Section
Artikel