PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN

Authors

  • Hermansyah Herman

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v16i2.214

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk ini mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap Keputusan Komsumen Untuk Menginap Di Kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak. Secara garis besar dalam penelitian ini akan digunakan rancangan (design) penelitian exsplanatory (penjelasan), yang menyoroti hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen dan pengujian hipotesis. Variabel independen terdiri dari; (1). Produk (product); (2). Harga (price); (3). Promosi (Promotion); (4). Tempat (Place); (5).Orang (People); (6). Proses (Process); (7). Bukti Fisik (Physical Evidence). Sementara dependen adalah Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen yang menggunakan kamar superior yang ditawarkan oleh Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan Rumus Z score dengan jumlah sampel minimum yang harus digunakan dalam penelitian adalah 96,04 orang responden digenapkan menjadi 100 Orang responden. Analisis data dengan melakukan pengujian instrumen penelitian, uji Regresi Linier Berganda, Uji korelasi secara Parsial (Uji t), Uji Pengaruh simultan ( F test) dan pengukuran Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian di ketahui (1). Variabel Produk (product) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ; (2). Variabel Harga (price) berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian; (3). Promosi (Promotion) Variabel berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (4). Variabel Tempat (Place) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (5). Variabel Orang (People berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian); (6). Variabel Proses (Process) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (7). Secara simultan Variabel Bukti Fisik (Physical Evidence berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (8). Variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), Bukti fisik (X7) terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak (Y). (9). Besarnya kontribusi variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), Bukti fisik (X7) terhadap keputusan konsumen untuk menginap di kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak (Y) adalah 99,7% dan 0,3% ditentukan oleh faktor variabel lain di luar persamaan model regresi. Peneliti menyarankan (1). variabel yang terbukti sebagai faktor yang dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menginap di kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak terus ditingkatkan. (2). Variabel Harga (X2) terus dikaji ulang dan dilakukan evaluasi untuk membuat kebijakan bisnis agar memberikan kesan terbaik bagi konsumen/ tamu khususnya yang menginap di kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak. (3).Sebaiknya pihak Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak melakukan analisis SWOT terhadap semua variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang dari masing-masing variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat/lokasi (X4), Orang/karyawan (X5), Proses/pelayanan (X6), Bukti fisik (X7).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-02-2019

Citation Check