PENGARUH CITRA MREK SUZUKI NEW SATRIA FU150 TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v14i2.41Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1). Tanggapan
konsumen terhadap Citra Merek Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang. (2).
Keputusan konsumen dalam membeli Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang. (3).
Pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika
Sintang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian exsplanatory yang menyoroti hubungan
antar variabel independen dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang telah
dirumuskan sebelumnya. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah secara kuantitatif. populasinya
adalah rata-rata penjualan motor Suzuki New Satria FU150 dari tahun 2012 dan tahun 2013 sebanyak
134 unit kendaraan. Penetapan ukuran sampelnya dengan rumus Slovin, jumlah sample sebesar 60 orang
responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disusun dengan skala Likert
Hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh Citra Merek Suzuki New Satria FU150
terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indotama Motorika Sintang adalah sebagai berikut: Pertama;
Tanggapan responden atas Citra Merek sepeda motor Suzuki New Satria FU150 pada PT. Indotama
Motorika Sintang pada saat ini sangat baik. Skor total tanggapan responden terhadap citra merek mempunyai
dorongan yang sangat baik yakni sebesar 91,37% masuk dalam kriteria sangat baik. Kedua Tingkat
keputusan pembelian sepeda motor Suzuki New Satria FU150 pada PT. Indotama Motorika Sintang
pada saat ini adalah Tinggi yang diambil dari lima indikator yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi,
pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Dimana dari ke lima
indikator tersebut memiliki skor total tanggapan responden tentang keputusan pembelian yang konsumen
lakukan yaitu sebesar 84.52%. Ketiga. Citra Merek mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang.
Besarnya pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 6.8121% sedangkan sisanya
senilai 93.1879% dipengaruhi oleh faktor lain yang penulis tidak teliti seperti perikanan, promosi, lokasi.
konsumen terhadap Citra Merek Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang. (2).
Keputusan konsumen dalam membeli Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang. (3).
Pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika
Sintang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian exsplanatory yang menyoroti hubungan
antar variabel independen dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang telah
dirumuskan sebelumnya. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah secara kuantitatif. populasinya
adalah rata-rata penjualan motor Suzuki New Satria FU150 dari tahun 2012 dan tahun 2013 sebanyak
134 unit kendaraan. Penetapan ukuran sampelnya dengan rumus Slovin, jumlah sample sebesar 60 orang
responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disusun dengan skala Likert
Hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh Citra Merek Suzuki New Satria FU150
terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indotama Motorika Sintang adalah sebagai berikut: Pertama;
Tanggapan responden atas Citra Merek sepeda motor Suzuki New Satria FU150 pada PT. Indotama
Motorika Sintang pada saat ini sangat baik. Skor total tanggapan responden terhadap citra merek mempunyai
dorongan yang sangat baik yakni sebesar 91,37% masuk dalam kriteria sangat baik. Kedua Tingkat
keputusan pembelian sepeda motor Suzuki New Satria FU150 pada PT. Indotama Motorika Sintang
pada saat ini adalah Tinggi yang diambil dari lima indikator yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi,
pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Dimana dari ke lima
indikator tersebut memiliki skor total tanggapan responden tentang keputusan pembelian yang konsumen
lakukan yaitu sebesar 84.52%. Ketiga. Citra Merek mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki New Satria FU150 di PT. Indotama Motorika Sintang.
Besarnya pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 6.8121% sedangkan sisanya
senilai 93.1879% dipengaruhi oleh faktor lain yang penulis tidak teliti seperti perikanan, promosi, lokasi.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
08-02-2017
Issue
Section
Artikel