UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MEUBEL BERDASARKAN PRODUK UNGGULAN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v17i1.262Abstract
Tarom Meubel merupakan salah satu kegiatan usahan di Kecamatan Sintang yang bergerak
pada sektor produksi produk Meubel perabot rumah tangga dan pintu, jendela serta kusen. Dalam upaya
meningkatkan penjualannya di Kabupaten Sintang khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya,
Tarom Meubel lebih memfokuskan diri pada pemasaran produk meubel yang bersifat unggulan yaitu
memproduksi produk yang banyak diminati oleh konsumen tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui “Upaya Peningkata Penjualan Produk MeubelBerdasarkan Berdasarkan Produk Unggulan
pada Tarom Meubel Kecamatan Sintang. Pengumpulan data menggunakan pendekatan metode kualitatif.
Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tarom Meubel melakukan analisa pasar dalam upaya mencari produk
meubel yang tepat sesuai dengan selera konsumen untuk diproduksi sehingga dapat dijadikan produk
unggulan Tarom Meubel dalam meningkatkan penjualan. Selain itu dalam meningkatkan penjualannya
Tarom Meubel juga melakukan klasifikasai produk dengan tujuan mempermudah konsumen didalam
menentukan pilihan produk yang diinginkannya baik dari aspek tipe, jenis material maupun tingkat harga
sesuai dengan kemampuan pendapatan konsumen/pelanggan, Segmentasi pasar yakni menjadikan pasar
sasarannya khusus pada konsumen tradisional yang menyukai produk meubel buatan lokal dan dari bahan
material dari daerah seperti dari bahan kayu serta tipe produk yang relatif hampir sama. Kesimpulan hasil
penelitian yakni dengan adanya Analisis pasar, Klasifikasi Produk serta Segmentasi pasar Tarom Meubel
Kecamatan Sintang telah berhasil meningkatkan penjualannya setiap tahun hingga tahun 2017.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
24-06-2019
Issue
Section
Artikel