DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v17i1.269Abstract
Untuk mewujudkan disiplin kerja yang sesuai dengan visi dan misi organisasi dibutuhkan
disiplin pegawai yang taat pada setiap aturan. Hal ini dimaksudkan agar implementasi dari disiplin kerja
pegawai dapat memberikan dampak positif dalam pencapaian tujuan organisasi yang lebih baik. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta bagaimana disiplin kerja yang dilakukan dalam
meningkatkan kinerja organisasi yang optimal Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Melawi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Satuan
Polisi Pamong Praja, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja,Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Satuan Polisi Pamong Prajadan Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja. Pengumpulan data melalui wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
dengan model analisis data dari Miles dan Huberman (1992) yaitu model analisis interaktif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa disiplin kerja yang dilakukan sudah cukup baik sesuai dengan ketentuan dan peraturan
yang berlaku. Adapun beberapa faktor sebagai hambatan seperti pegawai yang belum disiplin baik jam
masuk dan jam pulang kantor karena tempat tinggal sebagian pegawai yang jauh dari kantor serta penerapan
sanksi yang belum optimal. Dalam rangka disiplin kerja maka pembinaan terhadap disiplin pegawai menjadi
penting guna meningkatkan konsistensi disiplin kerja pegawai yang sesuai visi dan misi organisasi.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
24-06-2019
Issue
Section
Artikel