STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM SERTIFIKASI
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v17i2.353Abstract
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Guru pada Madrasah
Aliyah Negeri Sintang sebelum dan sesudah Sertifikasi. penelitian ini termasuk penelitian komparatif
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Sintang yang telah dinyatakan lulus sertifikasi berjumlah 20 Orang guru. jumlah sampel
yang diambil sebanyak populasi atau diambil semuanya sebanyak 20 orang guru. Hal ini dilakukan
karena jumlah populasi (20 orang guru) kurang dari 100. Hasil penelitian menunjukan: (1). Secara
kualitatif sertifikasi berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dalam menentukan bahan
pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator pembelajaran; Mengembangkan dan mengorganisasi
materi, menentukan tema, media, dan sumber; Merencanakan skenario pembelajaran; Merancang
pengelolaan kelas pembelajaran; Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan
kegiatan pembelajaran; Serta melaksanakan kegiatan pembelajaran. (2). Terdapat perbedaan yang
signifikan kinerja guru sebelum dan sesudah dinyatakan lulus sertifikasi dimana nilai (P) value atauSig.
(2-tailed) = 0,000 dan lebih kecil dari nilai a =0,05. Selisih rata-rata mengambarkan kenaikan guru
kinerja guru sebelum dan sesudah lulus sertifikasi adalah sebesar 18,05. Hubungan yang signifikan
antara kinerja guru sebelum sertifikasi dan sesudah sertifikasi sangat kuat dengan Nilai r = 0,918.
Kenaikan guru kinerja guru sebesar 18,05 terjadi karena adanya setifikasi guru yang diyakini bahwa
84% peningkatan kinerja guru merupakan dampak dari sertifikasi guru dan 16% disebabkan faktor
lain di luar variabel penelitian.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
10-02-2020
Issue
Section
Artikel