ADMINISTRASI PELAYANAN KARTU KUNING (AK 1) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

Authors

  • Aida Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.389

Abstract

Perkembangan penduduk yang cukup pesat merupakan satu fenomena yang menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Permasalahan ketenagakerjaan yang dihadapi di Kabupaten Sintang antara lain: (1) Jumlah angkatan kerja dan angka pengangguran yang tinggi (2) Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang siap bersaing dalam memasuki pasar kerja, (3) Rendahnya sumber daya manusia dalam menghadapi pasar global di bidang ketenagakerjaan, (4) Kurangnya lapangan kerja yang dapat menampung dan menyalurkan angkatan kerja saat ini, (5) Rendahnya potensi masyarakat, baik ekonomi maupun sosial dalam menghadapi perubahan global, (7) Luas wilayah, jumlah penduduk yang besar dan penyebaran penduduk yang tidak merata serta banyaknya tenaga kerja yang kurang terampil, (8) Kurangnya sarana latihan kerja yang dipergunakan untuk penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja. Pelayanan publik yang berkaitan dengan persoalan ini menjadi semakin penting, karena senantiasa berhubungan dengan khalayak masyarakat ramai yang memiliki keaneka ragaman kepentingan dan tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dipohusodo. 1996. Evaluasi Proyek. Jakarta:

Gunung Agung.

Dunn, WN. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan

Publik. Yogyakarta: Gajah Mada

Universiti Press.

Effendi, S. 1993. Strategi Administrasi dan

Pemerataan Akses

padaPelayanan Publik Indonesia.

Laporan Hasil Penelitian.

Yogyakarta: Fisipol UGM.

Islamy,M.I. 1999. Reformasi Pelayanan Publik,

Makalah Pelatihan Strategi

Pembangunan Sumber Manusia

Aparatur Pemerintah Daerah dalam

Era Globalisasi, di Kabupaten

Daerah Tingkat II Trenggalek.

Mohamad. I. 2003. Aktualisasi Pelayanan Prima

Dalam Kapasitas PNS sebagai

Abdi Negara dan Abdi

Masyarakat. Jakarta: LAN

Moenir, H.AS. 1998. Manajemen Pelayanan

Umum di Indonesia. Cetakan III.

Jakarta| Bumi Aksara.

Sutopo dan Sugiyanti.1998. Pelayanan Prima.

Jakarta: Lembaga Administrasi

Negara RI.

Suryono, A. 2009. Budaya Birokrasi Pelayanan

Publik. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Published

13-06-2020

Citation Check