KINERJA PENGURUS KOPERASI UNIT DESA (KUD)

Authors

  • Paulus MM

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.395

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kinerja Pengurus KUD Dharma Bhakti di Kecamatan Binjai Hilir Kabupaten Sintang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan kinerja pengurus. Manfaat yang dihasilkan dari penelitian diharapkan memiliki kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis. Ruang lingkup penelitian ini adalah kinerja dengan aspek-aspek yang diteliti antara lain : 1) tugas pokok dan fungsi pengurus, 2) Dimensi Kinerja, 3) motivasi kerja, dan 4) fasilitas kerja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari yaitu : 1) Ketua Pengurus, 2) Ketua Pengawas, 3) Anggota. Penetapan subjek penelitian ketua pengawas dan ketua pengurus menggunakan metode purposive sampling, sedangkan anggota menggunakan metode incidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengurus terdiri dari ketua pengurus, sekretaris, dan bendahara yang memiliki tupoksi masing-masing yang mengacu kepada peraturan perkoperasian pada umumnya. Berdasarkan tupoksi pengurus melaksanakan operasional usaha koperasi dengan memperhatikan dimensi kinerja kualitas, kuantitas, kecepatan, kerja, kerja sama, kepemimpinan, dan komunikasi. Pengurus hal-hal yang memotivasi pengurus yaitu rasa solidaritas, honor pengurus, dan penguatan dari anggota berupa kepercayaan yang diberikan anggota untuk mengelola. Pengelolaan KUD didukung oleh fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk bekerja dalam melaksanakan pekerjaan administrasi perkantoran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex S. Nitisemito. 2000. Manajemen

Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Arikunto, S. 2002. Metode Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta : Bumi Aksara.

Bernadin, H Hon dan Hoyce, EA. Russel. 2003.

Human Resources Management. Mc

Graw Hill Inc, Singapore.

Ermiati dan Sembiring. 2012. “Pengaruh

Fasilitas dan Pengembangan Sumber

Daya Manusia terhadap Produktivitas

Kerja Karyawan Studi Kasus PTPN II

Kebun Sampali Medan”. Jurnal Darma

Agung. Vol 1. Hal 8 – 20.

Gomes F.C. 2003. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta : ANDI.

Grifin, R.W. 2003. Manajemen. Jakarta :

Erlangga.

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi.

Dasar Peningkatan Produktivitas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu . 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Hendrojogi. 2005. Koperasi : Asas - asas, Teori,

dan Praktik Edisi Empat. Jakarta : PT.

Raja Grafindo Persada.

Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor

Publik : Cetakan Pertama. Yogyakarta :

Penerbit BPFE - Yogyakarta.

Mangkunegara, 2005. Evaluasi Kinerja Sumber

Daya Manusia. Cetakan I. Bandung: PT

Refika Aditama.

Pandji Anaroga dan Ninik W. 1983. Dinamika

Koperasi. Cetakan kelima. Jakarta : PT.

Reneka Cipta.

Prawirosentono, Suyadi. 2003. Manajemen

Sumber Daya Manusia. (Kebijakan

Kinerja Karyawan), Yogyakarta : BPFE.

Samsudin. 2009. Sumber Daya Manusia.

Bandung : Rineka Cipta.

Satori, D dan Komariah, A. 2014. Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Siagian P. Sondang. 2003. Teori motivasi dan

Aplikasinya . Edisi 3. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Sofyandi dan Garniwa. 2007. Perilaku

Organisasional. Edisi Pertama.

Yogyakarta Graha Ilmu.

Syafri Sofyan. 2001. Sistem Pengawasan

Manajemen. Jakarta : Quantum.

Triton, P.B 2005. Riset Statistik Parametrik :.

Yogyakarta : Andi.

Widayanti. 2005. Ekonomi 2. Bandung : Angkasa.

Peraturan Perundang-Undangan :

Undang – Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang

perkoperasian.

Published

16-06-2020

Citation Check