ANALISIS PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SCOOPY

Authors

  • Felix Semaun

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i1.398

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengetahui serta menganalisis (1). Pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. (2). Besarnya pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy Di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi terdiri dari konsumen yang membeli honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang, dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan rumus Rumus Lemeshow. Jumlah sampel digenapkan menjadi 100 orang responden. Analisis data dilakukan mengunakan alat analisis setatistik melalui Program SPSS untuk melakukan Uji Regresi Linear Sederhana, Uji t dan Uji KoefisienDeterminasi. Hasil dari penelitian setelah di analisis diketahui bahwa: (1). ModelRegresi Linear Sederhana Y = - 0,798 + 1,372 X. tidak ada varibel Citra merek (atauvariabel Citra merek = 0) maka akan menyebabkan penurunan keputusan konsumen dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 0,798. Apabila terjadi penambahan satuan dalam variabel Citra merek (X) akan menyebabkan bertambahnya variabel keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 1,372. (2). Diperoleh nilai t hitung = 49,318 dan Sig sebesar 0,00. Dimana nilai Sig sebesar 0,00 lebih kecil dari á 0,05 (Sig sebesar 0,00 < á 0,05, maka keputusan uji hipotesis dengan menerima Ha. Ini berarti terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang.(3). Koefisien korelasi r (Multiple R) sebesar 0,980 atau mendekati nilai 1, yang berarti antara faktor variabel Citra merek (X) memiliki hubungan yang secara positif dan signifikan serta kuat dengan variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Hasil nilai R Square sebesar 0,961, yang berarti bahwa (0,961 x 100%) = 96,1% variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang dipengaruhi oleh variabel Citra merek (X). Sedangkan sisanya sebesar (diperoleh dari 100% - 96,1%) = 3,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar persamaan model regresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aris Ananda. 2010. Manajemen Ekuitas Merek:

Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek.

Jakarta: Spektrum Mitra Utama

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Rajawali Press Azwar. 2012.

Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Bungin. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatf.

Jakarta: Prenada Media Group Dharmesta

dkk. 2012. Manajemen Pemasaran

Analisis PerilakuKonsumen.. Yogyakarta.:

BPFE

Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran;

Cara Praktis Meneliti Konsumen dan

Pesaing. : Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama

Kotler. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran

Manajemen. Jakarta : Prenhalindo

Kotler dan Armstrong. 2004. Dasar-

Dasar Pemasaran. Dialih bahasakan oleh

Alexander Sindoro. Jakarta:Indeks

Nazir. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia

Indonesia

Riduwan.2010. Skala Pengukuran Variabel-

Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Simamora , Bilson. 2001. Remarketing For

Business Recovery. Cetakan Pertama.

Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun dan Efendi. 2000. Metode Penelitian

Survey. Jakarta: LP3ES Sugiarto. 2003.

Teknik Sampling, Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama Sugiyono. 2008. Metode Penelitian

Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen &

KomunikasiPemasaran.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Published

16-06-2020

Citation Check