TATA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA MERERAI DUA

Authors

  • Darmawan -
  • Petrus Atong
  • Imam Asrori

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i2.419

Abstract

Penelitian melakukan kajian tentang aspek Peran Kepala Desa, dan Pengelolaan Anggaran yaitu terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima oleh Desa Merarai Dua setiap tahunnya, terutama Peran Kepala Desa dalam bagaimana melakukan pengelolaan terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) untuk Tahun 2019-2020. Dalam tata pengelolaan Anggaran Dana Desa sangatlah signifkan dan penting. Kepala Desa bersama dengan perangkatnya adalah personil yang langsung bersentuhan dengan perencanaan, penggunaan sekaligus sebagai evaluator melekat dalam implementasi penggunaan anggaran dana desa. Bersama dengan Ketua dan perangkat Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan semua keterwakilan masyarakat desa, Alokasi Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tersebut dirancangkan bersama penggunaannya serta diputuskan bersama dalam rapat atau musyawarah desa yang dilakukan atau diselenggarakan oleh pihak eksekutif (pemerintahan desa).Sementara tujuh puluh persen dari total anggaran atau Alokasi Dana Desa yang diterima setiap tahun oleh desa dari pemerintah pusat, dialokasikan untuk pembangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan Desa Merarai Dua. Hal apa yang penting dalam pembangunan di Desa Merarai Dua, ditentukan bersama dalam rapat permusyawaratan desa yang diselenggarakan oleh pihak eksekutif yang diikuti oleh keterwakilan seluruh masyarakat Desa Merarai Dua. Kata Kunci: Tata, Pengelolaan, Anggaran, Dana, Desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian, Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Danim, S. 1997. Pengantar Studi Penelitian

Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dunn, W.N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan

Publik. Penerjemah: Samodra W., Diah,

A. Agus, H. H. Erwan.AP. Edisi Kedua.

Yogyakarta: Gajahmada University

Press.

Faisal, S. 2005. Format-Format Penelitian Sosial.

Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Handoko, T.H. 2000. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hanafi, A dan Waseso, G.M. 1994. Penelitian

Mengevaluasi Efektivitas Program

Kemasyarakatan. Surabaya: Usaha

Nasional.

Jones, CO. 1991. Pengantar Kebijakan Publik.

Editor Nashir Budiman. Jakarta: Rajawali

Press.

Kusnadi, HMA. 2005. Pengantar Manajemen:

Konsepsual & Perilaku. Malang:

Unibraw Press.

Sarundajang. 2001. Arus Balik Kekuasaan Pusat

ke Daerah. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Sule, ET. Dan Kurniawan Saefullah.2005.

Pengantar Manajemen. Jakarta:

Kencana.

Sedarmayanti. 2001. Dasar-dasar Pengetahuan

Tentang Manajemen Perkantoran.

Bandung: Mandar Maju.

Siswanto, HB., 2005. Pengantar Manajemen.

Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian,S.P. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta:

Gunung Agung.

__________. Siagian, S.P. 1982. Administrasi

Pembangunan. Jakarta: Gunung

Agung.

Supriatna. 1985. Dimensi Pembangunan

Nasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparmoko, M. 1994. Keuangan Negara Dalam

Teori dan Praktek. Edisi Keempat.

Yogyakarta: BPFE UGM.

Samuelson, P.A dan Nordhaus. 1994. Makro

Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Syamsi. 1994. Dasar-Dasar Kebijaksanaan

Keuangan Negara. Edisi Keempat.

Jakarta: Rinneka Cipta.

Umar, H. 2005. Riset Sumber Daya Manusia

Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Wibawa, S.1992. Laporan penelitian Studi

Implementasi Kebijakan Publik.

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

__________. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik.

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winarno, B. 1989. Teori Kebijakan Publik.

Yogyakarta: Bina Aksara Universitas

Studi Sosial UGM.

_________.2005. Kebijakan Publik: Teori &

Proses. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

11-12-2020

Citation Check