ANALISIS PERBANDINGAN PEMASARAN KENDARAAN RODA TIGA GAJAH 150 CC DAN GAJAH 200 CC

Authors

  • Juwanti -
  • Venny Adhita Octaviani

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v18i2.426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan pemasaran Kendaraan Roda Tiga Gajah 150cc dan Gajah 200cc di Dealer APPKTM Sintang Asean Motor Tahun 2018. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 42 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh yang artinya seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji beda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yakni tidak terdapat perbedaan pemasaran antara kendaraan roda tiga Gajah 150cc dengan Gajah 200cc pada Dealer APPKTM Sintang Asean Motor, yang ditunjukan dengan besarnya tingkat signifikansi independent sample t test sebesar 0,861 yang lebih besar dari 0,05, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yakni tidak terdapat perbedaan pemasaran kendaraan roda tiga Gajah 150cc dengan Gajah 200cc pada Dealer APPKTM Sintang Asean Motor. Terdapat beberapa hal yang peneliti sarankan dalam penelitian ini antara lain mengharapkan agar perusahaan senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan strategi pemasaran yakni produk, harga, tempat dan promosi untuk kendaraan roda tiga Gajah 150cc dan Gajah 200cc agar volume penjualan dari kedua produk tersebut dapat meningkat dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci : Perbandingan Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen

Pemasaran, Cetakan Keenam.

Yogyakarta :Penerbit BPFE.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi

Metodologi Penelitian dan

Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran :

Analisis, Perencanaan, Implementasi,

dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

_____________. 2002. Manajemen Pemasaran

Edisi Milenium Jilid 2. Jakarta: PT.

Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Armstrong, G 2008, Prinsip-

Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Misbahudin, Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data

Penelitian Dengan Statistik. Jakarta:

Bumi Aksara.

Nurafni dkk. 2017. Strategi Pemasaran Mobil

Merek Daihatsu pada Dealer

Daihatsu Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu

Sosial, Volume 11 Nomor 2 ISSN: 1907-

Sinulingga. 2015. Pengaruh Strategi Pemasaran

terhadap volume penjualan pada PT.

Citra Mandiri Lestari Medan. Jurnal

Mantik Penusa, Volume 17 Nomor 1

ISSN: 2088-3943.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar

Bisnis Modern. Edisi Keenam.

Yogyakarta: Liberty.

Taroreh, Gheany Andrea dkk. 2018. Marketing

Strategy Analysis in Increasing the

Sales Volume of Mitsubishi Xpander

Cars at PT Bosowa Berlian Motor

Kairagi. Jurnal Emba Volume 6 Nomor

, ISSN: 2303-1174.

Ulber, Silalahi 2005. Metode Penelitian Sosial.

Bandung : Unpar Press.

Published

11-12-2020

Citation Check