PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.472Abstract
Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Tanjung Puri dengan indikator sebagai berikut:
1). Jenis-jenis Pelayanan di Puskesmas Tanjung Puri Sintang menggunakan dua jenis pelayanan yaitu
jenis pelayanan kesehatan didalam gedung Puskesmas dan jenis pelayanan kesehatan diluar gedung
Puskesmas. 2). Standar Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dilaksanakan sesuai dengan alur pelayanan
kepada pasien yang terletak di dalam puskesmas lurus dengan pintu masuk, jadi pasien yang datang bisa
langsung membaca dan mengetahui alur pelayanan. 3). Mekanisme Pelayanan di Puskesmas yaitu Pasien
yang telah mendaftar menuju poli KIA/KB kemudian dilakukan pemeriksaan sesuai dengan keluhannya.
Setelah dari poli Kesehatan Ibu dan Anak pasien dirujuk ke bagian lain sesuai dengan keluhannya. Pasien
yang mendapatkan resep obat kemudian ke bagian apotek dan kasir untuk membayar, mengambil obat dan
diperbolehkan pulang. 4). Sumber Daya Manusia berdasarkan jenis tenaga di Puskesmas tahun 2020
berjumlah 69 orang, 5). Sarana dan Prasarana merupakan suatu aspek terpenting dalam mencapai target
dari program pelayanan kesehatan Puskesmas, sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas sudah cukup
memadai, baik berupa alat medis maupun obat-obatan.
Downloads
References
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rinneka Cipta.
Indrianto. 2008. Model Pelayanan Profesional.
Jakarta. Balitbang Puskur.
Kaho, J.R. 2002. Prospek Otonomi Daerah di
Negara Republik Indonesia:
Idetifikasi Beberapa Faktor Yang
M e m p e n g a r u h i
P e n y e l e n g g a r a a n n y a .
Jakarta:Rajawali Perss.
Poerwadarminta.1984.Kamus Umum Bahasa
Indonesia, Jakarta. PN Balai.
Pustaka.
Robbins. 2000. Perilaku Organisasi. PT.
Prenhallindo. Jakarta.
Saefullah, 1999. Konsep dan Metode Pelayanan
Umum yang Baik, dalam. Jurnal Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik. Sumedang:
Fisip UNPAD.
Silalahi, Ulbert .1998. Studi Tentang Ilmu
Administrasi Konsep, Teori dan
Dimensi,. CV Sinar Baru, Bandung.
Sinambela. P.L, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan
Publik Teori, Kebijakan,
Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutopo dan Sugiyanti. 1998. Pelayanan Prima.
Jakarta: LAN.