KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Jhony Fredy Hahury

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v19i2.557

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pelayanan di era new normal
pandemi covid 19 di Desa Sungai Sintang Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Subjek penelitian
terdiri dari Kepala Desa, sekretaris Desa, dan Kepala Urusan Pemerintahan. Penelitian ini termasuk
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari
hasil penelitian dijelaskan bahwa kebijakan pelayanan publik di era new normal sudah dilakukan
dengan cukup baik sebagai upaya menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dalam rangka
mengutamakan kepentingan masyarakat agar memenuhi kebutuhan dasar masyarakat ditengah pandemik
covid 19 baik yang bersifat administrasi maupun pelayanan sosial dengan mengacu kepada prinsipprinsip
pelayanan seperti kepastian, tepat waktu, partisipatif, dan tanggung jawab. Kebijakan pelayanan
juga didukung dengan sumberdaya perangkat desa dan kerjasama dengan semua elemen masyarakat
untuk mencapai tujuan pelayanan yang baik dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang sehat
dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atong, Petrus, 2018. Pemikiran Kontemporer

Analisa Administrasi dalam Perspektif

Kebijakan Publik dan Komunikasi di

Era Pelayanan Publik. Malang : CV.

IRDH.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep

Pelayanan Publik Serta

Implementasinya. Jakarta: Mandar

Maju.

Kasmir, 2005. Etika Customer Service. Jakarta

: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

08-01-2022

Citation Check