PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.580Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga secara
parsial terhadap peningkatan loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang, serta untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang di Kabupaten
Sintang. Analisis data menggunakan bantuan program SPPS 18 untuk melakukan Uji Regresi Linier
Berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian setelah
dianalisis diketahui bahwa: (1). terdapat hubungan positif antara harga jual, kualitas pelayanan terhdap
loyalitas pelanggan yang digambarkan melalui persamaan regresi linear berganda Y = 0.082+ 0.307X1
+ 0.420X2; (2).terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya
Bumi Sintang. Ini terlihat dari nilai t hitung =6.86 dan Sig (0,00) < (0,05); (3).terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang, Ini terlihat dari nilai t hitung =
6.286 dan Sig (0,00) < (0,05); (4). Terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan
terhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang. dengan snilai F hitung = 2.584.567
dan nilai signifikan =0,00 < 0,05; (5).besarnya pengaruh kontribusi variabel harga dan kualitas pelayanan
terhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang.sebesar 98,8% sedangkan sisanya
sebesar 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar persamaan model regresi.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan.