STRATEGI PENGEMBANGAN FINANCIAL LITERACY PADA ANGGOTA CREDIT UNION KELING KUMANG BRANCH OFFICE KELAM
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan financial
literacy pada anggota Credit Union Keling Kumang Branch Office Kelam. dengan ruang lingkup
yaitu 1) pendidikan dan 2) pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan
financial literacy dilakukan dengan dua model pengembangan yakni dengan melalui pendidikan dan
pelatihan. Pendidikan dan pelatihan dilaksanakan dalam waktu 2 bulan dengan menggunakan 4 modul
dan 12 kali pertemuan. Pendidikan dan pelatihan financial literacy dilakukan oleh fasilitator-fasilitator
yang sudah berpengalaman dan tersertifikat. Anggota yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan
oleh CU Keling Kumang Branch Office Kelam mendapat manfaat yang salah satunya mereka menjadi
lebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa strategi pengembangan financial literacy melalui penidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh
CU Keling Kumang Branch Office Kelam sudah cukup baik, namun perlu adanya peningkatan sarana
dan prasarana agar target atau tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan dapat tercapai.