STRATEGI PENJUALAN KENDARAAN RODA DUA SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA MASA PANDEMI COVID19

Authors

  • Darmansah -

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.592

Abstract

Pada masa pandemic covid19 ini penjualan kendaraan roda dua di Kabupaten Sintang
pada umumnya mengalami permasalahan yang cukup serius dari aspek permintaan konsumen terhadap
kendaraan roda dua khususnya. Hal ini disebabkan masyarakat lebih mengutamakan pemenuhan
kebutuhan sehari-hari, Kesehatan, Pendidikan bila dibandingkan membeli kendaraan baru yang
disebabkan pendapatan masyarakat pada masa pandemi penurunan.dikarenakan masyarakat tidak
dapat dengan bebas didalam melaksanakan pekerjaannya. Hasil penelitiannya bahwa produk, dan
promosi yang dilkukan oleh Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemi covid19 telah
mampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua yang dipasarkan oleh perusahaan dengan cara
memasarkan produk kendaraan roda dua merk Yamaha yang bervariasi jenisnya serta terjangkau
harganya oleh semua tingkat ekonomi masyarakat dengan penjualan sistem kredit ataupu cash/tunai
yang didukung oleh distribusi produk yang lancar baik oleh perusahaan pusat (di Pontianak) maupun
oleh Cabang Sintang hingga ketingkat Unit-unit dealer Yamaha dibeberapa kecamatan terdekat di
Kabupaten Sintang serta promosi yang kuntinyu dilakukan oleh tim promosi Dealer Multi Motor Cabang
Sintang hingga saat ini. Kesimpulannya yaitu Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemi
covid19 telah mampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua merk Yamaha dengan menggunakan
sistem pemasaran Strategi Produk, Distribusi, dan Promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, (2012), Metode Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta : Bumi Aksara.

Alma, (2017). Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung

:ALFABETA

Deming W. (2012). “Quality Definition”,

America.

Kotler, (2011) Manajemen Pemasaran. Edisi

Mileinium. Jakarta : PT. Indeks

Gamedia.

Kotler (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi

Kedua. Jakarta : CV. Intermedia

Kotler, dan Amstrong (2016) Prinsip-Prinsip

Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta :

PT. Indeks Gamedia

Kusnadi, (2010), Keberdayaan Nelayan

Dalam Dinamika Ekonomi Pesisir,

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Lupiyoadi (2013). Manajemen Pemasaran

Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).

Jakarta: Salemba Empat.

Moekijat. (2010). Manajemen pemasaran.

Bandung : Mandar maju.

Swastha. (2012). Manajemen Penjualan,

cetakan kelima. BFSE : Yogyakarta

(2014). Azas-Azas Marketing.

Yogyakarta : Liberty. (2015).

Manajemen Pemasaran. Yogyakarta :

Liberty. (2016). Manajemen Pemasaran

Modern. Yogyakarta : Liberty.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif dan R&D,

Bandung : Alfabeta. (2018), Metode

Penelitian Kualitatif, Kuantitatif.

Bandung : Alfabeta.

Sumarsono, Sonny (2015). Ekonomi sumber

Daya Manusia Teori dan kebijakan

Publik. Yogyakarta : GrahaIlmu.

Tjiptono, (2016) Strategi Pemasaran, Edisi

Ketiga, Yogyakarta : Bayu Medi

Publishing.

Tjiptono dan Gegorius Chandra,. (2018).

Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI.

Downloads

Published

11-04-2022

Citation Check