STRATEGI PENJUALAN KENDARAAN RODA DUA SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA MASA PANDEMI COVID19
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.592Abstract
Pada masa pandemic covid19 ini penjualan kendaraan roda dua di Kabupaten Sintang
pada umumnya mengalami permasalahan yang cukup serius dari aspek permintaan konsumen terhadap
kendaraan roda dua khususnya. Hal ini disebabkan masyarakat lebih mengutamakan pemenuhan
kebutuhan sehari-hari, Kesehatan, Pendidikan bila dibandingkan membeli kendaraan baru yang
disebabkan pendapatan masyarakat pada masa pandemi penurunan.dikarenakan masyarakat tidak
dapat dengan bebas didalam melaksanakan pekerjaannya. Hasil penelitiannya bahwa produk, dan
promosi yang dilkukan oleh Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemi covid19 telah
mampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua yang dipasarkan oleh perusahaan dengan cara
memasarkan produk kendaraan roda dua merk Yamaha yang bervariasi jenisnya serta terjangkau
harganya oleh semua tingkat ekonomi masyarakat dengan penjualan sistem kredit ataupu cash/tunai
yang didukung oleh distribusi produk yang lancar baik oleh perusahaan pusat (di Pontianak) maupun
oleh Cabang Sintang hingga ketingkat Unit-unit dealer Yamaha dibeberapa kecamatan terdekat di
Kabupaten Sintang serta promosi yang kuntinyu dilakukan oleh tim promosi Dealer Multi Motor Cabang
Sintang hingga saat ini. Kesimpulannya yaitu Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemi
covid19 telah mampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua merk Yamaha dengan menggunakan
sistem pemasaran Strategi Produk, Distribusi, dan Promosi.
Downloads
References
Arikunto, (2012), Metode Penelitian Kualitatif.
Yogyakarta : Bumi Aksara.
Alma, (2017). Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung
:ALFABETA
Deming W. (2012). “Quality Definition”,
America.
Kotler, (2011) Manajemen Pemasaran. Edisi
Mileinium. Jakarta : PT. Indeks
Gamedia.
Kotler (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi
Kedua. Jakarta : CV. Intermedia
Kotler, dan Amstrong (2016) Prinsip-Prinsip
Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta :
PT. Indeks Gamedia
Kusnadi, (2010), Keberdayaan Nelayan
Dalam Dinamika Ekonomi Pesisir,
Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Lupiyoadi (2013). Manajemen Pemasaran
Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).
Jakarta: Salemba Empat.
Moekijat. (2010). Manajemen pemasaran.
Bandung : Mandar maju.
Swastha. (2012). Manajemen Penjualan,
cetakan kelima. BFSE : Yogyakarta
(2014). Azas-Azas Marketing.
Yogyakarta : Liberty. (2015).
Manajemen Pemasaran. Yogyakarta :
Liberty. (2016). Manajemen Pemasaran
Modern. Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono, (2012), Metode Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif dan R&D,
Bandung : Alfabeta. (2018), Metode
Penelitian Kualitatif, Kuantitatif.
Bandung : Alfabeta.
Sumarsono, Sonny (2015). Ekonomi sumber
Daya Manusia Teori dan kebijakan
Publik. Yogyakarta : GrahaIlmu.
Tjiptono, (2016) Strategi Pemasaran, Edisi
Ketiga, Yogyakarta : Bayu Medi
Publishing.
Tjiptono dan Gegorius Chandra,. (2018).
Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI.