PENGARUH PRODUKSI DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI LADA
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.641Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produksi
secara parsial terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi terdiri dari petani yang menanam lada di
Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Dengan jumlah populasi sebanyak 32 petani. Terdiri dari
variabel bebas (produksi dan harga) dan variabel terikat (pendapatan). Analisis data menggunakan
bantuan program SPPS 26 untuk melakukan Uji Regresi Linier Berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan)
dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian setelah dianalisis diketahui bahwa : 1. Terdapat
hubungan antara produksi dan harga terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir
Kabupaten Sintang yang digambarkan melalui persamaan regresi linier berganda Y = 7.481 + 0.234X1
+ 0.288X2. 2. Terdapat pengaruh produksi secara parsial terhadap pendapatan petani lada di Kecamatan
Kayan Hilir Kabupaten Sintang, ini terlihat dari nilai t Hitung 2,316> t Tabel 2,045 dan probabilitas Sig
0,028< 0,05 Artinya semakin baik atau meningkat variabel produksi (X1) berupa tersedianya bahan
baku produksi, tenaga kerja yang giat, dan pemasaran hasil produksi, menyebabkan peningkatan
pendapatan petani lada di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang.
Downloads
References
Agustin. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
pendekatan Praktik. Jakarta : PT Bineka
Cipta.
Daryanto. 2013. Manajemen Pemasaran.
Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani
Sejahtera
Delgado. 2001. Manajemen Pemasaran dan
Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta
: BPFE
Dharmesta.2006.Ekoomi Sumber Daya
Manusia. Jakarta : Ghalia
Ghozali. 2012. Metodologi Penelitian ilmiah.
Bandung : Bumi Aksara
Griffin 2005. Manajemen Produk dan Jasa.
Yogyakarta : Rajawali Pers
Irawan. 2006. Metode Pendekatan Kuantitatif.
Jakarta : liberty
Iswandono. 2004. Prinsip Pemasaran. Jilid 1
dan 2 Edisi Ke 7. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi. 20001. Strategi Pemasaran.
Yogyakarta : CV Andi offiset
Milller. 2000. Manajemen Pemasaran.
Yogyakarta : IKAPI
Philip Kotler. 2016. Prinsip-Prinsip pemasaran.
Edisi ke1-2. Jakarta : Erlangga
Purba.2006. metode Penelitian. Jakarta : Gratalia
Indonesia.
Simmora.2004. Bauran Pemasaran dan
Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung : Alfabeta Bandung
Sukirno. 2006. Manajemen Pemasaran dan
Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta
: BPFE
Vannesa. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
: CV Andi offiset
Wibioso. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif.
Jakarta : BPFE-UI
Nurmala.2006. Masalah Keijakan dan
Ekonomika Pemangunan. Jakarta :
Erlangga
Kotler. 2012. Prinsip-Prinsip pemasaran. Edisi
ke1-2. Jakarta : Erlangga