STRATEGI PEMASARAN PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.643Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan bisnis dengan strategi pemasaran. Kegunaan penelitian yang diperoleh diharapkan dapat
bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis. Strategi pemasaran produk merupakan ruang lingkup
yang diteliti dengan batasan aspek pelayanan, produk, promosi, dan harga. Teknik yang dipergunakan
untuk memperoleh data terdiri dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan alat
pengumpulan data yang dipergunakan terdiri dari pedoman wawancara, pedoman observasi, dan alat
dokumentasi. Lokus penelitian ini mengambil tepat di Toko Gloria Komputer Sintang. Pelayanan yang
dilakukan sudah baik, yang ditunjang sumber daya manusia yang kompeten sesuai tugas dan tanggung
jawabnya. Toko Gloria Komputer menjual komputer, laptop, printer, dan berbagai barang lain yang
terkait dengan komputer dan alat tulis kantor. Produk yang lebih dominan dijual adalah produk laptop,
khususnya laptop acer dan asus. Laptop merek acer dan asus lebih banyak diminati oleh konsumen.
Promosi belum dilakukan secara intensif, namun sudah ada sarana promosi yang disiapkan seperti
spanduk yang dipasang di depan toko dan penggunaan media sosial instagram. Untuk aspek harga,
toko Gloria menetapkan harga sesuai dengan harga pokok produk dan persentase keuntungan yang
diinginkan.
Downloads
References
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Rajawali Press.
Barata. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima.
Jakarta : Elex Media.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2004.
Strategi Menaklukkan Pasar Melalui
Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P dan Keller. 2016. Manajemen
Pemasaran. Jilid 1 Jakarta : PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Manajemen Pemasaran. Jilid I,
Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Manajemen Pemasaran Jilid I
Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip
Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Manajemen Pemasaran. Jilid 1
dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok
Gramedia.
Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi
keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Prinsip – Prinsip Pemasaran
Manajemen. Jakarta : Prenhalindo.
Kristiadi. 1999. Adminstrasi dan Manajemen
Pembangunan, Jakarta : LAN.
Marcel. 2003. Service Quality in Concept and
Theory.USA : American Press.
Murdifin Haming dan Mahfud Nurnajamuddin.
Manajemen Produksi Modern,
Operasi Manufaktur dan Jasa, Buku
Kesatu, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Nasution, M. 2004. Manajemen Jasa Terpadu.
Bogor : Ghalia Indonesia.
Nucholifah. Manajemen Pemasaran. Pontianak :
Stain Pontianak Press.
Parasuraman. 2001. The Behaviorial
Consequenses of Service Quality, Jurnal
of Marketing. Vol. 60.
Pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan
Konsumen Membeli Kendaraan
Bermotor. Jurnal Ilmiah Faktor Extra
Vol.1 No. 2 September 2008.
Samuelson. 2000. Makro Ekonomi. Jakarta :
IKAPI.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku
Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan
oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Suprapti. W. 2010. Perilaku Konsumen
Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya
Dalam Strategi Pemasaran. Bali :
Udayana University Press.