UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA BENGKEL
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.649Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Peningkatan Kualitas
Pelayanan Jasa Bengkel pada Bengkel Setia Motor Nanga Merakai Kecamatan Ketungau Tengah
Kabupaten Sintang. Subyek dalam penelitian ini adalah Pemilik bengkel, karyawan bengkel dan
konsumen bengkel Setia Motor. Aspek ketanggapan (responsiveness), Aspek jaminan dan kepastian
(assurance), Aspek bukti fisik (tangible), Aspek perhatian (empaty), Aspek keandalan (realibility)
cukup memadai, dibuktikan dengan ketersediaan sumber daya manusia dalam hal ini mekanik yang
memiliki keahlian dan kemampuan dalam hal perbaikan sepeda motor.Perlu terus dijaga dan ditingkatkan
aspek ketanggapan para karyawan dan mekanik terhadap para pelanggan, agar pelanggan merasa
nyaman dan terus menjadi pelanggan bengkel. Perlu upaya peningkatan sarana dan prasarana bengkel
terutama ketersediaan ruang tunggu yang cukup, sehingga pelanggan dapat merasa nyaman selama
menunggu perbaikan sepeda motornya. Perlu penambahan karyawan atau mekanik agar pelayanan
yang diberikan semakin dapat ditingkatkan.
Downloads
References
Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas
Pelayanan. Malang :Bayumedia
Buchari, A. 2009. Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan,
Bandung: Alfabeta.
Hurriyati, R. 2008. Bauran Pemasaran dan
Loyalitas Konsumen. Bandung:
Alfabeta.
Irawan, H. 2002. 10 Prinsip Kepuasan
Pelanggan. Jakarta. Elex Media.
Komputindo
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran di
Indonesia : Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian.
Jakarta: Salemba Empat.
Martul, S. 2004. Implementasi Dimensi
Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta:
Penerbit Sinar Grafika.
Nawawi. H. 2005. Penelitian
Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada
University.
Sunyoto, H. 2004. Jaminan Kualitas Pelayanan
Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono, F. 2006. Manajemen Jasa. Edisi
Kedua. Yogyakarta : Andi Offset
Tjiptono, F. dan Chandra. G. 2011. Service,
Quality and Satisfaction. (ed 3).
Yogyakarta: Andi.
Yamit, Z. 2010. Manajemen Kualitas Produk
& Jasa. Yogyakarta. Ekonesia.