PEMASARAN PRODUK SIMPANAN TABUNGAN PENDIDIKAN DAN BEASISWA (TAKAN Plus) PADA CREDIT UNION
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.653Abstract
Strategi pemasaran Credit Union harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah
tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang
pada beberapa pasar sasaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif.
Subjek penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang yaitu Branch Manager, Pengurus, Staf yang melayani
anggota yang menabung Takan Plus, dan anggota Takan Plus pada Credit Union Keling Kumang
Sintang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, maka menggunakan teknik pengumpulan
data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis
kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsep produk Tabungan Pendidikan dan Beasiswa
TAKAN Plus Credit Union Keling Kumang memiliki karakteristik dan 3 kategori pemilihan tabungan
pendidikan dan beasiswa yang diberikan yaitu kategori harian, masa kontrak 5 tahun dan masa kontrak
10 tahun. Segmentasi sasaran produk pada pemasaran produk simpanan Tabungan Pendidikan dan
beasiswa (TAKAN Plus) Credit Union Keling Kumang dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai
user yang menerima bantuan pendidikan dan beasiswa. Pemasaran promosi pada produk simpanan
Tabungan Pendidikan dan Beasiswa (TAKAN Plus) dilakukan dengan cara menggunakan metode
Personal Selling dan Mass Selling. Kesimpulan pemasaran produk simpanan tabungan pendidikan
dan beasiswa (TAKAN Plus) pada Credit Union Keling Kumang Sintang dengan melihat kepada
aspek konsep produk, segmentasi sasaran produk, dan promosi produk. Pemasaran Produk Simpanan
TAKAN Plus dapat berjalan seperti yang diharapkan, maka saran yang diberikan agar semakin
meningkatkan cara pemasaran produk simpananTabungan Pendidikan dan Beasiswa TAKAN Plus
yang sudah berlaku selama ini agar produk ini semakin dikenal dan diminati oleh anggota khususnya
bagi kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga Core Values, nilai-nilai inti Credit Union Keling Kumang
dapat tercapai.
Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Buchari, Alma. 2016. Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Dharmesta dan Irawan. 2012. Manajemen
Pemasaran Modern, Edisi Kedua.
Yogyakarta : Liberty
Gitosudarmo, Indriyo. 2013. Manajemen
Pemasaran. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Hendrojogi. 2010. Koperasi: Asas-asas, Teori
dan Praktek. Jakarta: Rajawali Grafindo
Persada.
Kotler, P dan Armstrong. 2012. Manajemen
Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen
Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba
Empat
Nawawi, H. 2011 . Penelitian Bidang Sosial.
Yogyakarta: Gadjah Mada Press
M.N. Nasution. 2012. Manajemen Jasa
Terpadu. Bogor : CV. Ghalia Indonesia.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Jakarta: CV.
Alfabeta.
Stanton, William J. 2014. Prinsip-prinsip
Pemasaran. Penerjemah, Firdaus.
Jakarta: Erlangga
Swastha, Basu dan Handoko. 2012. Azas-azas
Marketing. Yogyakarta: Liberty
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran.
Yogyakarta : Andi.
Widiyanti, Ninik. 2010. Manajemen Koperasi.
Jakarta: Rineka Cipta.