PERAN LOAN OFFICER DALAM MENGATASI KREDIT BERMASALAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM

Authors

  • Paulus MM

DOI:

https://doi.org/10.51826/fokus.v21i1.724

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian sosial dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber
data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Penentuan lokus dan lokus penelitian berdasarkan
alasan metodologis, bahwa terdapat permasalahan yang menarik untuk diteliti serta tempat penelitian
terjangkau oleh peneliti. Ruang lingkup penelitian ini adalah peran Loan Officer (petugas Kredit) dalam
mengatasi kredit bermasalah. Untuk membatasi fokus penelitian digunakan aspek penelitian yaitu : 1)
Analisis Kredit, 2) Administrasi kredit, 3) Pengawasan Kredit, 4) Pembinaan anggota.Kredit Bermasalah
adalah kredit yang tidak dibayar oleh Peminjam (anggota) Koperasi sesuai dengan perjanjian kredit.
Wanprestasi ini dapat berupa pembayaran pinjaman tidak tempat waktu dan atau tidak tepat jumlah.
Peran Loan Officer (LO) dalam mengatasi kredit ini tertuang dalam job desdription yang dilakukan
secara komprehensif melibatkan kegiatan analisis, administrasi, serta pengawasan dan pembinaan secara
terus menerus kepada anggota. Berdasarkan hasil penelitian peran LO di KSP CU Tri Tapang Kasih
sudah dijalankan sesuai dengan job Descriptionnya namun masih terdapat kekurangan dan kelemahan
dalam implementasinya. Kelemahan terdapat pada semua aspek tersebut.Kesimpulan penelitian ini
bahwa LO berperan di dalam memberikan keputusan kredit melalui analisis yang dilakukan, selanjutnya
terlibat dalam pengadministrasian, pengawasan, dan pembinaan anggota. Peran ini sudah dijalankan
namun masih terdapat kelemahan yang bersumber dari kapasitas LO bersangkutan. Saran yang dapat
disampaikan adalah perlu terus ditingkatkan kompetensi sumber daya LO melalui pendidikan dan
pengembangan staf.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-04-2023

Citation Check