STRATEGI PEMASARAN PRODUK PINJAMAN PADA CREDIT UNION
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v15i1.78Abstract
Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai strategi pemasaran produk pinjaman (kredit)
pada lembaga keuangan Credit Union (CU) dengan mengambil tempat penelitian pada CU Keling Kumang
Kantor Cabang Putussibau. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan dan mengetahui Pelaksanaan
strategi Pemasaran yang meliputi produk (Product), harga (Price), tempat (Place), dan promosi
(Promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek produk memiliki keunggulan karena produk
pinjaman ada 6 jenis untuk mengakomodir kebutuhan anggota, namun masih ada keinginan anggota yang
belum terpenuhi yaitu jenis pinjaman untuk pasca panen. Aspek harga yaitu variasi bunga pinjaman yang
diterapkan ada dua metode perhitungan yaitu sistem bunga flat dan sistem bunga anuitas dengan kisaran
bunga antara 1 % sampai 2 % sesuai dengan jenis pinjaman. Aspek tempat CU Keling Kumang sudah
memiliki kantor yang representatif untuk pelayanan anggota dan untuk aktivitas administrasi, namun
daerah pelayanan yang jauh masih menjadi kendala dalam pelayanannya mengingat jarak tempuh dan
sulitnya medan yang dilalui. Aspek promosi, CU Keling Kumang sudah menerapkan promosi dengan
berbagai metode, dan metode yang sering digunakan adalah dengan pemberian brosur – brosur tentang
produk. Pemasangan spanduk, ikut serta di dalam pameran-pameran dan kegiatan pendidikan anggota
secara terjadwal setiap tahun bukunya.
pada lembaga keuangan Credit Union (CU) dengan mengambil tempat penelitian pada CU Keling Kumang
Kantor Cabang Putussibau. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan dan mengetahui Pelaksanaan
strategi Pemasaran yang meliputi produk (Product), harga (Price), tempat (Place), dan promosi
(Promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek produk memiliki keunggulan karena produk
pinjaman ada 6 jenis untuk mengakomodir kebutuhan anggota, namun masih ada keinginan anggota yang
belum terpenuhi yaitu jenis pinjaman untuk pasca panen. Aspek harga yaitu variasi bunga pinjaman yang
diterapkan ada dua metode perhitungan yaitu sistem bunga flat dan sistem bunga anuitas dengan kisaran
bunga antara 1 % sampai 2 % sesuai dengan jenis pinjaman. Aspek tempat CU Keling Kumang sudah
memiliki kantor yang representatif untuk pelayanan anggota dan untuk aktivitas administrasi, namun
daerah pelayanan yang jauh masih menjadi kendala dalam pelayanannya mengingat jarak tempuh dan
sulitnya medan yang dilalui. Aspek promosi, CU Keling Kumang sudah menerapkan promosi dengan
berbagai metode, dan metode yang sering digunakan adalah dengan pemberian brosur – brosur tentang
produk. Pemasangan spanduk, ikut serta di dalam pameran-pameran dan kegiatan pendidikan anggota
secara terjadwal setiap tahun bukunya.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
03-10-2017
Issue
Section
Artikel