ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN
DOI:
https://doi.org/10.51826/fokus.v15i1.85Abstract
Sementara tujuan yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis:
Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen; Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan
konsumen. Pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh pengaruh kualitas produk,
kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini akan digunakan rancangan penelitian exsplanatory yang menyoroti hubungan antar
variabel independen dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan
sebelumnya. Variabel Penelitian terdiri dari 1) Variabel Terikat (Dependent) . Variabel Terikat yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen (Y). Variabel Bebas (Independent) yang
digunakan dalam penelitian ini adalah: Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2), Persepsi Harga
(X3). Sampel penelitian berjumlah 45 responden. Sementara untuk pembuktian hipotesis dilakukan
dengan uji pengaruh di gunakan uji t, uji ANOVA atau F test dan Koefisien Determinasi R 2
Hasil penelitian: pertama; Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan
konsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji t adalah sebagai berikut dimana Nilai t hitung pada variabel
Kualitas Produk (X1) adalah sebesar 2,606 > t tabel 1,989 maka Ha diterima. Kedua; Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji t
hitung pada variabel Kualitas Layanan (X2) adalah sebesar 3,199 > t tabel 1,989, maka Ha diterima.
Ketiga; Tidak Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen hal
tersebut dibuktikan dengan Uji t hitung pada variabel Persepsi Harga (X3) adalah sebesar 1,563 dengan
tingkat signifikansi 0,122. Karena thitung 1,563 < ttabel 1,989 dengan tingkat signifikansi 0,122 > 0,05
maka Ho diterima dan Ha ditolak. Keempat; Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kualitas
produk, kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen ini dibuktikan uji ANOVA atau F
test, maka dapat diperoleh F hitung sebesar 8,653 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena
probabilitas jauh lebih kecil daripada 0,05 (0,000 lebih kecil dari 0,05). Selanjutnya Adjusted R Square
adalah 0,243. Hal ini berarti hanya 24,3 persen variasi kepuasan pelanggan (Y) yang dapat dijelaskan
oleh variabel-variabel independen yaitu kualitas produk, persepsi kualitas layanan, dan persepsi harga.
Sedangkan sisanya (100% - 24,3% = 75,7%) dijelaskan oleh sebab-sebab lainnya di luar model yang
tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi pertama; Sebaiknya
Air Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen meningkatkan kualitas produk dengan berbagai tampilan yang menarik. Kedua; Sebaiknya
Air Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen meningkatkan Persepsi Kualitas Layanan dengan cepat dan reponsif. Ketiga; Sebaiknya Air
Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen menuntukan harga jual terendah yang dapat terjangkau oleh konsumen dan masih menguntungkan
pihak perusahaan.
Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen; Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan
konsumen. Pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh pengaruh kualitas produk,
kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini akan digunakan rancangan penelitian exsplanatory yang menyoroti hubungan antar
variabel independen dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan
sebelumnya. Variabel Penelitian terdiri dari 1) Variabel Terikat (Dependent) . Variabel Terikat yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen (Y). Variabel Bebas (Independent) yang
digunakan dalam penelitian ini adalah: Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2), Persepsi Harga
(X3). Sampel penelitian berjumlah 45 responden. Sementara untuk pembuktian hipotesis dilakukan
dengan uji pengaruh di gunakan uji t, uji ANOVA atau F test dan Koefisien Determinasi R 2
Hasil penelitian: pertama; Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan
konsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji t adalah sebagai berikut dimana Nilai t hitung pada variabel
Kualitas Produk (X1) adalah sebesar 2,606 > t tabel 1,989 maka Ha diterima. Kedua; Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji t
hitung pada variabel Kualitas Layanan (X2) adalah sebesar 3,199 > t tabel 1,989, maka Ha diterima.
Ketiga; Tidak Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen hal
tersebut dibuktikan dengan Uji t hitung pada variabel Persepsi Harga (X3) adalah sebesar 1,563 dengan
tingkat signifikansi 0,122. Karena thitung 1,563 < ttabel 1,989 dengan tingkat signifikansi 0,122 > 0,05
maka Ho diterima dan Ha ditolak. Keempat; Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kualitas
produk, kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen ini dibuktikan uji ANOVA atau F
test, maka dapat diperoleh F hitung sebesar 8,653 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena
probabilitas jauh lebih kecil daripada 0,05 (0,000 lebih kecil dari 0,05). Selanjutnya Adjusted R Square
adalah 0,243. Hal ini berarti hanya 24,3 persen variasi kepuasan pelanggan (Y) yang dapat dijelaskan
oleh variabel-variabel independen yaitu kualitas produk, persepsi kualitas layanan, dan persepsi harga.
Sedangkan sisanya (100% - 24,3% = 75,7%) dijelaskan oleh sebab-sebab lainnya di luar model yang
tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi pertama; Sebaiknya
Air Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen meningkatkan kualitas produk dengan berbagai tampilan yang menarik. Kedua; Sebaiknya
Air Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen meningkatkan Persepsi Kualitas Layanan dengan cepat dan reponsif. Ketiga; Sebaiknya Air
Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasan
konsumen menuntukan harga jual terendah yang dapat terjangkau oleh konsumen dan masih menguntungkan
pihak perusahaan.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
03-10-2017
Issue
Section
Artikel