STRATEGI INOVASI PADA KOLAM RENANG

Authors

  • imam asrori

Abstract

Abstrak: Kolam Renang Kurnia Waterpark Nanga Pinoh dibuka sejak tahun 2013 menyediakan
fasilitas meliputi kolam renang, area bermain, dan sarana outbound. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Strategi Inovasi pada Kolam Renang
Kurnia Waterpark. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Inovasi produk yang dilakukan
yaitu menambah wahana kolam renang anak dan kolam splash, menyediakan aula pertemuan,
acara ulang tahun, rapat atau acara keagamaan. Inovasi pelayanan antara lain pelayanan tiket
masuk, inovasi pelayanan baru yang sudah ada yaitu tempat penyewaan alat renang, dan juga
tempat untuk penjualan aksesoris. Pelanggan di permudah dengan adanya paket Gathering yang
di tawarkan untuk pengunjung, terutama rombongan akan diberikan potongan harga khusus.
Inovasi pemasaran yang telah dilakukan dengan media sosial, media cetak seperti baliho, radio
dan memberikan voucher diskon untuk pelajar.
Kata Kunci : Strategi; Inovasi; Produk; Pelayanan; Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi, 2011, Fiksi Populer Teori dan Metode Kajiannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Basuki, 2016, Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Depok : Rajagrafindo Persada

Boediono, 2013, Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA Press

Cravens, 2011, Pemasaran Strategis, Jakarta: Erlangga

Daryanto, 2011, Manajemen Pemasaran,Bandung : Sarana Tutorial Nurani

Furchan, 2014, Pengantar Penelitian dalamPendidikan, Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Gasperz, 2011, Kualitas Pelayanan, Jakarta :Rajawali Grafindo Persada

Gulo, 2012, Metode Penelitian, Yogyakarta :UGM Press

Handoko, 2012, Manajemen Pemasaran,Yogyakarta : BPFE

Kotler, 2010, Manajemen Pemasaran,Yogyakarta : Graha Ilmu

Kotler dan Amstrong, 2014, Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ketujuh, Jakarta :

Salemba Empat.

Kotler & Keller, 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 15, Jakarta : PT. Indeks.

Lasa, 2009, Penggunaan Bahasa Ilmiah dan Kosa Kata Terkendali, Yogyakarta :

Gama Media

Lukman, 2012, Manajemen Kualitas Pelayanan : Jakarta : STIA Pres

Moenir, 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara

Moleong, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Risdakarya

Nasution, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial,Jakarta : Salemba Empat

Radiosunu, 2011, Manajemen Pemasaran, Bandung : Alfabeta

Ridwan dan Sudrajat, 2014, Kebijakan Pelayanan, bandung : Nuansa

Sedarmayanti, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Refika Aditama

Setiadi, 2010, Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai, Jakarta : Grasindo

Simamora, 2013, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2012, Memahami penelitian kualitatif, Bandung : Alfabeta

Sulistiyo-Basuki, 2010, Metode Penelitian, Jakarta : Wedatama Widya Sastra

Supardi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Susanto, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rinea

Cipta

Sukmadinata, 2013, Metode Penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya

Supardi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Sutopo dan Sugiyanti, 2010, Pelayanan Prima, Jakarta : LAI

Stanton, 2015, Prinsip Pemsaran, Jakarta :Erlangga

Swastha, 2014, Manajemen Pemasaran,Yogyakarta : BPFE

Syaifullah, 2012, Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik,Sumedang : FISIP Unpad

Tjiptono, 2011, Strategi Pemasaran Edisi Ketiga, Yogyakarta : ANDI.

_______, 2016, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta : ANDI

Wardiyanta, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta : ANDI

Downloads

Published

18-09-2023

Citation Check