PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENABUNG DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) (studi Kasus di KSP CU Tri Tapang Kasih)

Authors

  • Paulus Paulus Universitas Kapuas, Indonesia

Abstract

Abstrak :Kualitas Pelayanan mempengaruhi perilaku konsumen yang selanjutnya konsumen membuat keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Keputusan anggota menabung di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) di Branch Office Imbun Kasih. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode. Responden yang ditetapkan merupakan anggota yang menabung di lembaga KSP CU Tri Tapang Kasih berjumlah 94 orang. Analisis Data menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menujukkan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan : Y = – 2,093 + 0,724X. Dengan nilai konstanta sebesar – 2,093 dan nilai variabel kualitas pelayanan ( x ) sebesar 0,724. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan terima Ha artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menabung. Hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,939 atau 93,90 % kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan anggota menabung, sisanya 6,10 % faktor lain yang turut serta mempengaruhi minat anggota menabung yang tidak diteliti pada penelitian ini.

 

Kata Kunci    : Kualitas ; Pelayanan, Keputusan ; Anggota

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Sinambela. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gronroos, C. 2016. Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.

Batinggi dan Badu Ahmad, 2019.Manajemen Pelayanan. Yogyakarta :CV Andi Ofset.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 4.Yogyakarta: Andi.

Usmara. 2010. Paradikma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: asmara Books.

Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Atmaja Jaka 2018. KualitasPelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal EcodomicaVol2, No. 1, April 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi Kedelapan. Semarang : UNDIP.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

18-09-2023

Citation Check