UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MEMINJAM PADA BUMDES SAHABAT DESA LAMAN RAYA KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Lin Magdalena

Abstract

Abstrak: Hadirnya BUMDES Sahabat memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya
di desa Lama Raya untuk mendapatkan pinjaman karena masyarakat desa memiliki akses yang
terbatas untuk mendapatkan pinjaman di bank karena terkendala syarat-syarat pinjaman.
Hadirnya BUMDES Sahabat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Desa
Laman Raya untuk mendapatkan pinjaman yang digunakan untuk membuka usaha maupun
untuk keperluan produktif lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya apa saja yang
dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat meminjam pada BUMDES Sahabat Desa
Laman Raya Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu pedoman wawancara,
pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
masyarakat meminjam pada BUMDES Sahabat Desa karena ingin mendapatkan bunga pinjaman
rendah dengan syarat pinjaman yang tidak rumit. Namun menurut peminjam, bunga pinjaman
masih dirasakan tinggi, jumlah pinjaman dibatasi, angsuran per bulan dirasakan besar.
Kesimpulan: pelayanan belum maksimal, menyelesaikan masalah tunggakan yang meminjam
sudah baik dengan mengedepankan kekeluargaan, bunga pinjaman 18% per tahun, pinjaman
maksimal Rp10.000.000 dengan jangka waktu pinjaman 1 (satu) tahun.
Kata Kunci : Bumdes; Minat; Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Gronroos, C. (2016). Service Management

and Marketing: A Customer Relationship

Management Approach. Chishester: Jhon

Wiley and Sond, Ltd.

Hasoloan, Jimmy. (2014). Ekonomi

Moneter. Yogyakarta: Deepublish.

Haryadi, Hendi. (2009). Administrasi

Perkantoran Untuk Manajer Dan Staf.

Jakarta: Visi Media.

Ismail. 2010. Majanemen Perbankan.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Manan, Abdul. 2021. Metode Penelitian

Etnografi. Aceh Besar: AcehPo

Publishing.

Samirudin. 2023. Manajemen Pemasaran

Dan Nilai Pelanggan. Yogyakarta: Nas

Media Pustaka.

Downloads

Published

18-09-2023

Citation Check