PENINGKATAN PRESTASI KERJA PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA

Authors

  • Aida Fitriani Universitas Kapuas, Indonesia

Abstract

Abstrak: Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Peningkatan Prestasi Kerja Pegawai Melalui
Pelatihan pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Sekadau, pada aspek: 1). Pelaksanaan
pelatihan dalam upaya peningkatan prestasi kerja pegawai PT Bank Rakyat Indonesia Cabang
Sekadau yaitu dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan pegawai PT Bank Rakyat Indonesia
Cabang Sekadau yang masih tergolong rendah yaitu rata-rata setingkat SMA. Materi pelatihan
yang diberikan kepada pegawai PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Sekadau sebagian besar
adalah Customer service dan Bank Marketing. Metode Pelatihan dan Pengembangan pegawai PT
Bank Rakyat Indonesia Cabang Sekadau ada dua macam yaitu Metode Praktis (On The Job
Trainning) serta Metode Presentasi dan Simulasi. 2). Gambaran prestasi kerja pegawai pada PT
Bank Rakyat Indonesia Cabang Sekadau setelah mengikuti pelatihan dilihat dari Kemampuan
pegawai melaksanakan pekerjaan, aspek jumlah pekerjaan yang selesaikan dan volume
pekerjaan diselesaikan cukup baik. Kualitas kinerja pegawai yang dilakukan pada PT Bank
Rakyat Indonesia Cabang Sekadau, pada umumnya ada korelasi positif antara pelatihan dengan
kualitas kinerja. Kesalahan yang dilakukan pegawai pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang
Sekadau bisa dikatakan relatif kecil. Setelah mengikuti pelatihan, pada umumnya pengetahuan
mereka sudah meningkat daripada sebelumnya. Dan 3). Faktor penghambat dan pendukung
peningkatan prestasi kerja pegawai melalui pelatihan pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang
Sekadau yaitu Faktor penghambat adalah sarana prasarana/fasilitas belum memadai, Minimnya
alokasi dana pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Faktor pendukung yang
dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Sekadau adalah dukungan kebijakan dari atasan,
adanya Peraturan yang mengatur Tata Cara penyelenggaraan pelatihan serta Koordinasi yang
kuat dari Kantor Pusat sampai kepada Kantor Cabang dan Cabang Pembantu, jumlah personil
yang cukup memadai, serta motivasi Pegawai Terhadap Kebutuhan Pelatihan.
Kata Kunci : Prestasi Kerja; Pendidikan; Pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AFTAR PUSTAKA

As’ad, M. 1999. Psikologi Industri. Edisi

Keempat. Yogyakarta: Liberty.

BKN RI, 2001. Manajemen Kinerja SDM.

Jakarta: Badan Kepegawaian

Negara.

Dessler, G. 1997. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Human Resource

Management. Jakarta: PT

Prenhellindo.

Dharma, A. 2000. Manajemen Supervisi

(Petunjuk Praktis Bagi Supervisor).

Edisi Pertama. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Handoko, TH.1999. Manajemen Personalia

dan Sumber Daya Manusia. Edisi

, Yogyakarta: BPFE

___________ 2001. Manajemen Personalia

Dan Sumberdaya Manusia.

Yogyakarta: BPFE.

Moekijat. 1996. Latihan dan Pengembangan

Sumber Daya Manusia. Bandung:

Mandar Maju.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 1998. Pengembangan

Sumber Daya Manusia, Edisi

Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Simamora, H. 1999. Manajemen Sumber

Daya Manusia, Edisi Kedua.

Jakarta: STIE YKPN.

Susilo, M. 1994. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Swasto, B. 1996. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Malang: FIA-

UNIBRAW.

Downloads

Published

18-09-2023

Citation Check