TRANSFORMASI DIGITAL PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU MELALUI APLIKASI LAGU

Authors

  • Ilyas Riski Universitas Riau, Indonesia

Keywords:

Transformasi Digital; E Government; Aplikasi Layanan Tunggu.

Abstract

Abstrak: Kota Pekanbaru yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Provinsi Riau ini
menyebabkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru harus membuat suatu
terobosan berupa aplikasi layanan tunggu yaitu suatu layanan adminisrasi kependudukan yang
dapat diakses melalui komputer maupun smartphone untuk memudahkan dalam proses
pelayanan yang dilakukan dan dalam sistem antrian agar dapat berjalan dengan baik. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi e government melalui
Aplikasi Layanan Tunggu dalam meningkatkan kualitas peIayanan administrasi kependudukan
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Implementasi menurut Alter (2002). Metode penelitian dalam penulisan ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi e government melalui aplikasi layanan tunggu sudah dinilai
berhasil dalam meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan kartu tanda penduduk di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Namun masih perlu dilakukan
peningkatan terhadap penerapan aplikasi LAGU. Kesimpulan penelitian ini yaitu upaya yang
dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut yaitu
memperluas jaringan dan memberikan sosialisasi secara terus-menerus dan menyeluruh kepada
masyarakat.
Kata Kunci : Transformasi Digital; E Government; Aplikasi Layanan Tunggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaludin, Ancok. 2012. Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Emma Rachmawati Aliudin, Melisa Arisanty. 2018. Transformasi Digital Majalah Hai Dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi Brand. Dalam Jurnal Widyakala Volume 5 No. 2 September 2018

Etikah Karyani, Ira Geraldina1, Marissa Grace Haque. 2021. Transformasi Digital Dan Industri Halal: Studi Kasus Pada Produsen Besar Dan Umkm. Dalam Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 5 Nomor 2, November 2021:139-148

Muluk, M.R. Khairul. 2008. Knowledge Management (Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Malang. Banyumedia.

Rianto, budi dkk. 2012. Polri dan Aplikasi E-Government dalam pelayanan Publik. Surabaya. Putra Media Nusantara

Ricky Oktavenus. 2019. Analisis Pengaruh Transformasi Digital Dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan Di Indonesia. Dalam JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN / Volume 3/No.5/September - 2019 : 44-48

Rogers, David L., 2017. The Digital Transformation Playbook, New York: Columbia University Press.

Said, M. Mas’ud. 2007. Birokrasi di Negara Birokratis. Malang: UMM Press.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: BumiAksara

Stich, V., Zeller, V., Hicking, J., & Kraut, A. (2020). Measures for a successful digital transformation of SMEs. Procedia CIRP, 93, 286–291. https://doi.org/10.1016/j.procir.2020.03.023

Susanto. 2010. Management Gems. Jakarta: Kompas.

Downloads

Published

18-09-2023

Citation Check