TRANSFORMASI DIGITAL PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU MELALUI APLIKASI LAGU
Keywords:
Transformasi Digital; E Government; Aplikasi Layanan Tunggu.Abstract
Abstrak: Kota Pekanbaru yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Provinsi Riau ini
menyebabkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru harus membuat suatu
terobosan berupa aplikasi layanan tunggu yaitu suatu layanan adminisrasi kependudukan yang
dapat diakses melalui komputer maupun smartphone untuk memudahkan dalam proses
pelayanan yang dilakukan dan dalam sistem antrian agar dapat berjalan dengan baik. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi e government melalui
Aplikasi Layanan Tunggu dalam meningkatkan kualitas peIayanan administrasi kependudukan
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Implementasi menurut Alter (2002). Metode penelitian dalam penulisan ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi e government melalui aplikasi layanan tunggu sudah dinilai
berhasil dalam meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan kartu tanda penduduk di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Namun masih perlu dilakukan
peningkatan terhadap penerapan aplikasi LAGU. Kesimpulan penelitian ini yaitu upaya yang
dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut yaitu
memperluas jaringan dan memberikan sosialisasi secara terus-menerus dan menyeluruh kepada
masyarakat.
Kata Kunci : Transformasi Digital; E Government; Aplikasi Layanan Tunggu.
Downloads
References
Djamaludin, Ancok. 2012. Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Emma Rachmawati Aliudin, Melisa Arisanty. 2018. Transformasi Digital Majalah Hai Dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi Brand. Dalam Jurnal Widyakala Volume 5 No. 2 September 2018
Etikah Karyani, Ira Geraldina1, Marissa Grace Haque. 2021. Transformasi Digital Dan Industri Halal: Studi Kasus Pada Produsen Besar Dan Umkm. Dalam Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 5 Nomor 2, November 2021:139-148
Muluk, M.R. Khairul. 2008. Knowledge Management (Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Malang. Banyumedia.
Rianto, budi dkk. 2012. Polri dan Aplikasi E-Government dalam pelayanan Publik. Surabaya. Putra Media Nusantara
Ricky Oktavenus. 2019. Analisis Pengaruh Transformasi Digital Dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan Di Indonesia. Dalam JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN / Volume 3/No.5/September - 2019 : 44-48
Rogers, David L., 2017. The Digital Transformation Playbook, New York: Columbia University Press.
Said, M. Mas’ud. 2007. Birokrasi di Negara Birokratis. Malang: UMM Press.
Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: BumiAksara
Stich, V., Zeller, V., Hicking, J., & Kraut, A. (2020). Measures for a successful digital transformation of SMEs. Procedia CIRP, 93, 286–291. https://doi.org/10.1016/j.procir.2020.03.023
Susanto. 2010. Management Gems. Jakarta: Kompas.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.