Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan salah satu metode yang
dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan
antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa
itu sendiri. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping
itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar
diantara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan
kelas VII SMPNi 2 Sintang Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design.
Rancangan penelitian yaitu nonequvalent control group design. Data dianalisis dengan
menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori pengaruh yang
besar.